BAGANSIAPIAPI - Jalan Kuning Jalil Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau, Senin (27/7/2020) lalu amblas akibat abrasi air laut yang membuat aktivitas warga menuju Panipahan ibu kota Kecamatan terganggu.

Robohnya Jalan pelantaran semenisasi dan bertiang tinggi dengan panjang ambruk sepanjang 30 Meter ini berimbas kepada aktifitas warga dari dan menuju ke pusat pemerintahan Kecamatan dan KepEnghuluan lainnya.

Agar dapat dilalui Penghulu Panipahan Edy Syahrial AMk bersama masyarakat setempat membangun jalan darurat dari kayu agar dapat dilalui warga untuk menggerakan ekononi masyarakat setempat.

Edy Syahrial, Selasa (28/7/2020) menyebutkan, pihaknya bersama warga membuat jalan darurat bermaterial kayu sebagai solusi transportasi warga. ''Jalan Kuning Jalil roboh karena abrasi, untuk dapat dilalui kami membuat jalan darurat dari kayu,'' ujar Edy Syahrial.

Menurutnya, semua jalan di Panipahan bertiang seperti pelataran semenisasi, terletak di atas permukaan laut atau pantai. ''Semua jalan pelataran berada di atas pantai, pinggir laut, roboh karena abrasi,'' sebut Edi Syahrial.

''Mendengar jalan roboh, saya ke lokasi bersama warga dan membuat jalan darurat, agar dapat dilalui, panjangnya 30 meter, lebar 3 meter,'' jelas sarjana kesehatan ini.

Warga berterimakasih atas inisiatif penghulu dan perangkat desa sehingga mereka tidak terisolir. ''Alhamdulillah, lancar meski harus berhati-hati melintas, apalagi saat berselisih di atas jalan tersebut,'' kata Mutia dan warga setempat. ***