JAKARTA – Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin mengungkapkan, tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan empat orang sebagai tersangka penyebab kelangkaan minyak goreng di Tanah Air.

Dikutip dari Tempo.co, Jaksa Agung mengatakan, keempatnya terlibat dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) bulan Januari 2021-Maret 2022, yang diduga sebagai penyebab kelangkaan minyak goreng di pasaran.

Dijelaskan Burhanuddin, tim penyidik Kejagung telah mendapatkan alat bukti yang cukup untuk menetapkan empat orang tersebut sebagai tersangka kasus korupsi pemberian fasilitas CPO.

Keempat tersangka itu adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrashari Wisnu Wardhana; Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor; Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup, Stanley MA dan General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas, Pierre Togar Sitanggang.

''Terhadap keempat tersangka tersebut langsung dilakukan upaya penahanan selama 20 hari ke depan,'' ujar Burhanuddin di Kejagung, Selasa (19/4/2022).

Kejagung menemukan telah terjadi pemufakatan jahat antara pemohon dan pemberi izin (Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrashari Wisnu Wardhana) untuk menerbitkan persetujuan ekspor CPO.

Padahal, menurut Burhanuddin, pemohon ekspor itu seharusnya ditolak karena tidak memiliki syarat sebagai eksportir antara lain mendistribusikan CPO atau RBD Palm Oil yang tidak sesuai dengan harga penjualan dalam negeri (DMO) dan kewajiban DMO sebesar 20 persen ke dalam negeri dari total ekspor.

''Jadi mereka bermufakat jahat untuk mendapatkan izin tersebut,'' ucap Burhanuddin.

Ketika dikonfirmasi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan Kementeriannya akan mendukung proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung ihwal dugaan gratifikasi atau suap pemberian izin penerbitan ekspor (PE) minyak goreng tersebut.

''Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang tengah berjalan saat ini. Kementerian Perdagangan juga siap untuk selalu memberikan informasi yang diperlukan dalam proses penegakan hukum,'' ucap Lutfi saat dihubungi melalui pesan pendek, Selasa, 19 April 2022.

Lutfi juga selalu menekankan jajarannya agar pelayanan perizinan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan transparan. Untuk itu, ia memastikan pihaknya mendukung proses hukum jika terbukti terjadi penyalahgunaan wewenang.

''Saya telah menginstruksikan jajaran Kemendag untuk membantu proses penegakan hukum yang tengah berlangsung,'' tuturnya.

''Karena tindak korupsi dan penyalahgunaan wewenang menimbulkan kerugian negara dan berdampak terhadap perekonomian nasional serta merugikan masyarakat,'' sambungnya.***