SELATPANJANG - Bulan Syawal, dimanfaatkan oleh umat muslim untuk saling bersilahturahmi dan serta bermaaf-memaafkan sebagai pelengkap ibadah Ramadhan sebulan penuh. Hal ini pula yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi dan jajaran pemerintah daerah. Mereka menggelar halal bi halal yang di Mushola Al-Barokah, Kantor Bupati Jalan Dorak Selatpanjang, Selasa (26/6/2018) pagi.

Melalui kegiatan itu, Bupati Irwan berharap dapat lebih mempererat silahturahmi antara kepala daerah dan jajaran terutama bagi yang tidak sempat berjabat tangan langsung pada hari pertama Idul Fitri 1439 H.

"Semoga dengan halal bi halal ini dapat lebih mempererat silahturahmi kita. Serta dapat menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalankan sebulan penuh," kata Bupati Irwan saat itu.

Meski kegiatan tersebut dilakukan secara sederhana, namun terlihat cukup hikmat. Ditambah lagi acara dikemas dengan menyertakan wirid dan doa bersama dan mendengarkan tausiah dari Ustaz Khozin yang memaparkan keutamaan menjaga silahturahmi bagi umat muslim. Silaturrahmi ini diyakini dapat membawa kebaikan bagi diri, lingkungan dan Kepulauan Meranti secara umum.

Di momen bahagia itu, Bupati Irwan tak lupa mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) maupun honorer untuk ikut menentukan nasib Provinsi Riau 5 tahun kedepan. Caranya, dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih pada Pemilihan Gubernur Riau Tanggal 27 Juni 2018, dan digunakan dengan sebaik baiknya.

"Tunaikanlah hak pilih. Jangan sampai Golput. Ikut pencoblosan merupakan hak dan kewajiban dalam melaksanakan hak politik kita," ujar Bupati Irwan di hadapan seluruh pejabat, ASN, serta honorer yang memadati Mushola Al-Barokah.

Menurut Irwan, ikut andil pada Pilkada bukan hanya sekedar melaksanakan hak pilih semata. Tetapi apa yang dilakukan itu juga akan berdampak pasa masa depan Provinsi Riau khususnya Kepulauan Meranti untuk 5 Tahun mendatang. "Ini salah satu bentuk kepedulian terhadap masa depan Provinsi Riau 5 tahun mendatang. Jadi mari kita manfaatkan hari libur esok untuk melaksanakan hak pilih dengan baik dan bertanggungjawab," ujar bupati dua periode itu lagi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24092018/2jpg-7541.jpg

Kepada ASN dan honorer, diminta untuk tetap netral. Demi menjaga kondusifitas dan tidak melanggar hukum. ASN dipesankan betul untuk tidak melibatkan diri secara terang-terangan demi mendukung salah satu pasangan calon (Paslon). Apalagi jika sampai menggunakan atribut atau fasilitas negara untuk kepemtingan pihak tertentu ataupun pribadi. Diingatkan Bupati Irwan lagi, jika hal itu ditemui, maka yang bersangkutan akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

"ASN hendaknya menjadi panutan di tengah masyarakat. Jika sebelumnya ada yang secara terang terangan melakukan dukungan pada salah satu Paslon, jangan diulangi lagi. Andai tetap dilakukan, maka dengan tegas saya sampaikan, itu akan kita proses. ASN hendaknya jadi panutan di tengah masyarakat," pesan bupati.

"Jika ada yang dibela jangan menggunakan fasilitas pemerintah apalagi untuk kepentingan pihak tertentu juga pribadi. Kita sama-sama berharap Pilkada di Meranti baik Pilgubri maupun Legislatif dapat berjalan dengan aman, jujur, adil, tanpa menimbulkan masalah," harap Irwan.

Kegiatan halal bi halal Bupati Kepulauan Meranti ditutup dengan acara salam salaman antara pimpinan dan staf yang berlangsung dengan hikmat diantaranya Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim, Sekretaris Daerah H Yulian Norwis SE MM, para Asisten dan Pejabat Eselon III, IV, serta honorer.

Terakhir, pada kesempatan itu juga, bupati atas nama keluarga Almarhum H T Akhrial (mantan Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti) juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh ASN dan hpnprer di jajaran Pemkab. Jika dalam pergaulan Alhamrhum terdapat salah dan khilaf serta hutang piutang. (Advertorial)