PEKANBARU - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI hari ini telah meninjau lokasi dan persiapan - persiapan yang dibutuhkan dalam Pilkada 2018 di Kota Pekanbaru. Dalam peninjauan itu, Komisioner DKPP RI, Alfitra Salamm menyampaikan masih ada beberapa hal yang harus segera diselesaikan oleh KPU dan Bawaslu.

"Tadi kami meninjau, saya lihat masih ada beberapa TPS yang masih dalam proses pembuatan, malam ini kita cek lagi. Kami memang hanya memantau, bagaimana kinerja KPU dan Bawaslu, dari tingkat provinsi, kota hingga kecamatan, untuk mencegah terjadinya pelanggaran - pelanggaran yang tidak kita kehendaki," paparnya.

"Kami juga melihat standarisasi pengawasan, untuk yang ini saya kira sangat bagus, dimana masyarakat bisa mengecek hal - hal yang diperlukan dalam pencoblosan. Karena keterlibatan masyarakat dalam pengawasan itu sangat penting," imbuhnya.

Sementara itu, dari hasil peninjauan yang telah dilakukan, Afitra menghimbau agar KPU tetap melakukan sosialisasi, dikarenakan masih banyaknya calon pemilih yang ragu apakah dia bisa memilih atau tidak. Hal itu mungkin karena masih ada masyarakat yang kebingungan dengan pengurusan persyaratan yang dibutuhkan, sehingga KPU harus selalu siap sedia.

"Sosialisasi KPU sangat penting agar partisipasi pemilih bisa tinggi, karena banyak masyarakat yang masih kebingungan mengenai apakah dia bisa memilih atau tidak. Misalnya, masyarakat yang belum terdaftar di DPT tapi sudah cukup umur, yang pindahan dan punya formulir A5, bagaimana caranya, ini harus lebih dioptimalkan oleh KPU sosialisasinya," ujarnya.

Selain itu, mempertimbangkan informasi dari BMKG, yang mengatakan cuaca akan sering hujan, dan kerawanan banjir, DKPP juga mengingatkan agar KPU dan Bawaslu serta jajarannya sudah melakukan upaya antisipasi, agar pencoblosan besok tidak ada lagi kendala yang berarti.

"Sudah hampir selesai, hanya itu saja, tetapi karena info dari BMKG juga mengatakan akan sering hujan, kita mengingatkan KPU dan Bawaslu untuk mengantisipasi kemungkinan banjir. Seperti apa persiapannya agar kesulitan - kesulitan itu bisa diatasi dihari h nya," jelasnya.

Sementara itu, telah dijelaskan oleh Divisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Pekanbaru, Yelli Nofiza ketika dikonfirmasi GoRiau.com, Selasa, (26/6/2018), dipastikan distribusi logistik di Kota Pekanbaru akan sampai seluruhnya sebelum tengah malam ini.

"Insya Allah untuk logistik di Pekanbaru sudah kita distribusikan semua ke 12 kecamatan, tinggal 4 kelurahan lagi yang belum, yakni di Kecamatan Tampan. Sedangkan semua bahan dan apa yang kita butuhkan untuk Pilkada besok sudah lengkap dan aman," tuturnya.

"Untuk yang 4 kelurahan itu sudah kita distribusikan hari ini, Insya Allah sebelum jam 12 malam nanti sudah sampai dan Pilkada besok tidak ada kendala," ujarnya lagi. ***