SIAK - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian Kabupaten Siak yang sedang dalam proses akreditasi ini terus berinovasi membuat program unggulan sesuai dengan standar pelayanan publik yang ditetapkan dari KemenPAN-RB.

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr H Benny Chairuddin Sp An MKes kepada GoRiau.com mengatakan pihaknya sekarang sedang menjalani proses standar akreditasi rumah sakit dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan yang baik.

"Secara bertahap, kita akan capai semua standar berdasarkan indikator pelayanan publik dari KemenPAN- RB. Dengan harapan kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit terpenuhi," kata dr Benny disela ekspos yang dilakukannya di RSUD Tengku Rafian, Senin (10/12/2018).

Selain itu juga, kata dr Benny, untuk menunjang visi Kabupaten Siak sebagai tujuan pariwisata, RSUD Tengku Rafi'an ikut berusaha menunjang kegiatan wisata dalam program jangka panjang dan jangka pendek.

Dalam program jangka pendek, RSUD Tengku Rafian mempersiapkan fasilitas dan pelayanan apabila ada wisatawan pada saat berada di Siak membutuhkan pengobatan misalnya terjadi kecelakaan, keracunan makanan, serangan sakit mendadak, tenggelam dan lain-lain.

Untuk itu pemenuhan sarana dan prasarana serta kemampuan SDM juga harus segera ditingkatkan.

Sedangkan jangka panjang, RSUD Tengku Rafian berusaha mencoba menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan unggulan berupa penyelenggaraan pelayanan wisata kesehatan dan wisata medis.

"Tentunya hal ini bisa terlaksana bila mendapatkan dukungan yang sangat kuat dari semua pihak baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten," kata Benny lagi sembari mencontohkan beberapa daerah di Jawa sudah sukses melakukan hal tersebut.

Kegiatan ekspose itu juga dihadiri Bupati Siak Drs H Syamsuar, ketua dewan pengawas, kepala Bappeda, kepala dinas kesehatan, Kepala Bidang Badan Keuangan Daerah dan Kabag Ortal. ***