NAMA Alexandra Calista Setiawan mulai muncul ke permukaan. Penampilan gadis tinggi semampai saat membawakan jurus-jurus Taulo mengingatkan dengan sosok Ratu Wushu Indonesia, Lindswell Kwok yang mengoleksi lima gelar juara dunia dan medali emas Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

"Saya memang mengidolakan Lindswell Kwok. Dan, saya ingin mengikuti jejak Lindswell yang sudah mengibarkan Merah Putih pada SEA Games, Asian Games dan Kejuaraan Dunia," kata Alexandra Calista Setiawan yang akrab dipanggil Tata saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin, 16 September 2019.

Tadinya, Tata tidak tertarik dengan olahraga beladiri asal Tiongkok ini. Tetapi, keseringan mengantar adiknya bersama kedua orang tuanya berlatih di Klub Wushu Purwa Aldaka Surakarta itu menyeretnya.

"Awalnya terpaksa berlatih karena disuruh menemani adik yang ikut latihan wushu. Eh... ternyata latihan wushu itu cukup bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asma.. Dari sejak itu, saya langsung memutuskan terus menekuni wushu untuk menjaga kesehatan dan juga mengejar prestasi," katanya.

Keseriusan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Willy Brodus Setiawan dan F Kurniawati dalam berlatih membuahkan hasil. Berkat penampilannya yang sangat bagus itu, Alexandra Calista mulai mengoleksi gelar juara nasional.

Kini, dia terpilih menjadi anggota Tim Pelatnas Wushu yang dipersiapkan untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Wushu, 17-23 Oktober dan SEA Games XXX Filipina, 31 Nopember hingga 12 Desember 2019 mendatang.

Rahasia kesuksesan Alexandra Calista meraih prestasi itu tidak terlepas dari dukungan kedua orang tuanya. Makanya, dia tidak pernah melupakan pesan kedua orangtuanya itu pada setiap penampilan.

"Tampilkan apa yang kamu pelajari. Kamu adalah taiji, dan taiji adalah kamu. Taiji itu kesukaanmu dan hiburlah semua orang dengan gerakan yang indah. Itulah pesan kedua orang yang tidak akan pernah saya lupakan dan itu menjadi motivasi saya untuk meraih prestasi pada setiap penampilan," ungkapnya.

Kini, gadis kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 18 Juli 2001 sudah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti jejak Lindswell Kwok. Tahun 2019 ini, dia mulai mengawali langkahnya mengejar prestasi dengan menjalani Trainning Camp (TC) bersama 7 atlet wushu taulo di Nanjing, China.

"Yang pertama saya merasa bangga dan senang menjalani TC di China apalagi mendapat kesempatan berlatih bersama dengan Tim Wushu China. Jadi, saya lebih termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri setelah melihat gerakan-gerakan atlet wushu China yang dipersiapkan menuju kejuaraan dunia, Mudah-mudahan saya bisa meraih prestasi terbaik pada Kejuaraan Dunia Wushu maupun SEA Games Filipina 2019," jelasnya.

Bio Data

Nama : Alexandra Calista Setiawan

Panggilan : Tata

Lahir : Surakarta, Jawa Tengah, 18 Juli 2001

Nomor yang diikuti : Taiji Quan dan Taiji Jian

Klub Wushu dan pelatih: Purwa Aldaka (Pelatih- Santoso Harjanto dan Noviana)

Nama Ayah : Willy Brodus Setiawan 

Nama Ibu : F. Kurniawati

Posisi dalam Keluarga: Anak pertama dari dua bersaudara

Prestasi :

Tahun 2019 :

- Perak Taiji Jian Kejurnas Piala Presiden, Pangkal Pinang - Perunggu Taiji Quan Kejurnas Piala Presiden, Pangkal Pinang

Tahun 2018 :

- Perunggu Taiji Quan Kejurnas Piala Raja, Yogyakarta

Tahun 2017 :

- Perunggu Taiji Jian Kejurnas Road to Asian Games, Jakarta - Perak Taiji Quan Kejurnas Road to Asian Games, Jakarta. ***