JAKARTA - Kecukupan dan kualitas sperma sangat menentukan bagi suami untuk membuat istrinya bisa segera hamil dan kemudian memiliki momongan.

Dikutip dari merdeka.com, makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat mempengaruhi kecukupan dan kualitas sperna. Ada makanan yang berkhasiat meningkatkan kesuburan dan jumlah sperma pria, namun ada pula makanan yang memiliki dampak sebaliknya terhadap kesuburan.

Seorang pria bisa disebut memiliki sperma sedikit bila jumlahnya di bawah 39 juta sperma setiap ejakulasi. Sedikitnya jumlah sperma ini bisa disebut juga sebagai oligospermia.

Terdapat sejumlah makanan dan minuman yang bisa membuat jumlah sperma menurun. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari jika kamu ingin memiliki momongan.

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol, bahkan dalam jumlah sedikit bisa memengaruhi dorongan seksual secara signifikan. Di sisi lain, konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan konsisten bisa mempengaruhi tingkat testosteron dan menurunkan jumlah sperma.

2. Daging Olahan

Berbagai jenis daging olahan seperti bacon, ham, salami, serta sosis tidak hanya menimbulkan bahaya bagi kesehatan jantung saja. Makanan ini juga menyebabkan menurunkan jumlah sperma dan rendahnya keberhasilan motalitas sperma.

3. Produk Olahan Susu

Susu, krim, dan keju bisa menjadi makanan yang menurunkan jumlah sperma pada diri seseorang. Susu mengandung estrogen karena berasal dari hewan. Sedangkan steroid yang berasal dari sapi juga bisa menyebabkan turunnya kualitas sperma.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut sebaiknya kamu hindari jika ingin cepat memiliki momongan. Menurunnya jumlah sperma bisa menyebabkan kamu mengalami masalah kesuburan.***