PEKANBARU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih dicemaskan oleh warga Kota Pekanbaru. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin PH, saat menyerap aspirasi warga Kota Pekanbaru yang dikemas dalam program reses.

"Ya masih ada rasa cemas dari orang tua siswa yang anaknya pada tahun depan akan melanjutkan sekolah di SD, SMP maupun SMA, tidak tertampung di sekolah negeri," kata Robin.

Diakuinya PPDB memang banyak menimbulkan persoalan, salah satunya adalah keterbatasan daya tampung sekolah dalam menerima siswa, sehingga banyak siswa yang tidak tertampung, untuk itu pada APBD murni tahun 2023 komisi V DPRD Riau telah mengusulkan Ruang Kelas Baru (RKB) dan tiga SMA baru.

"Ya memang jumlah ini belum mampu menuntaskan persoalan tidak tertampungnya para calon siswa, namun ini merupakan salah satu upaya kita dan harapan kami tentunya tiap tahun Pemprov Riau bisa menambah sekolah baru atau RKB," ujarnya.

Politisi PDIP ini mengatakan komisi V yang membidangi pendidikan akan tetap fokus pada persoalan PPDB dan juga akan fokus mengawasi pembangunan RKB dan sekolah baru pada tahun 2023 nanti," Mudah-mudahan RKB dan sekolah baru ini sudah bisa menampung siswa pada PPDB tahun 2023, sehingga persoalan-persoalan yang muncul saat PPDB nantinya tidak sebanyak pada tahun 2022 ini," ucapnya. (kl2)