BENGKALIS, GORIAU.COM - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie minta seluruh pihak di daerah ini ikut mempopulerkan minuman Setup Tematu, sehingga semakin dikenal dan menjadi minuman khas kabupaten berjuluk Negeri Junjungan sebagaimana Laksamana Mengamuk yang sudah sangat dikenal luas sebagai salah satu minuman khas di Provinsi Riau tersebut.


Secara khusus permintaan itu disampaikan Ahmad Syah kepada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Bengkalis. Apalagi dalam waktu dekat unit kerja yang dipimpin H Hermizon tersebut akan mengikuti Surabaya Investrade Expo di Grand City Convex, Jawa Timur pada 27 s/d 30 Agustus 2015 ini.


''Begitu juga saat Riau Expo 2015 yang akan dilaksanakan akhir Oktober mendatang di Mall SKA Pekanbaru. Saya sudah minta Kepala BPMP2T menjadikan Setup Tematu ini sebagai served drink (minuman yang disajikan) stand Kabupaten Bengkalis setiap kali ikut pameran/expo dimanapun," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini, sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri, Jumat (21/8/2015).


Setup Tematu, salah satu minuman yang ditampilkan Tim Penggerak PKK Kecamatan Bantan di ajang lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis yang digelar Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian (BKP3), Rabu (19/8/2015).


Ahmad Syah yakin, minuman yang berbahan dasar buah Nipah atau yang oleh masyarakat daerah ini disebut buah Tematu ini akan mampu mengangkat nama Bengkalis. Bukan hanya ke level provinsi, tetapi juga nasional.


Karena, selain unik, minuman dari buah tumbuhan yang termasuk anggota famili Arecaceae (palem) dengan ilmiah Nypa fruticans Wurmb atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama nipa palm ataumangrove palm ini, memiliki rasa yang enak serta menyegarkan.ail