PEKANBARU – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Pekanbaru angkat bicara terkait klaim yang disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, bahwa tidak ada banjir di Pekanbaru sejak dipimpin oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Wakil Ketua DPC PKB Pekanbaru, Afrizal, mengungkapkan, peralihan kepemimpinan dari Wako Pekanbaru Firdaus ke Pj Wako memang berbarengan dengan struktur birokrasinya.

Tapi pernyataan Indra Pomi, menurutnya, sangat tidak mencerminkan seorang pejabat yang punya loyalitas, sebab secara tidak langsung dia mengdiskreditkan Wako Pekanbaru sebelumnya.

"Pejabat memang harus ikut arahan atasan, tapi jangan malah menjatuhkan atasan sebelumnya, itu namanya kerja Asal Bapak Senang (ABS). Boleh menyenangkan atasan, tapi jangan jatuhkan atasan sebelumnya," katanya, Kamis (9/6/2022).

Kritik Afrizal ini didasari oleh jabatan Kadis PUPR yang sudah diemban oleh Indra Pomi sekian tahun. Jika Indra Pomi menyebut genangan hilang di masa kepemimpinan, maka secara tidak langsung dia menyebut bahwa genangan tidak mampu dihilangkan saat Firdaus memimpin.

"Dia kan Kadis PUPR juga sebelumnya, jadi ngapain aja dia selama ini? Seolah-olah Wako Firdaus tak pernah mengintruksikan persoalan banjir ke Dinas PUPR," ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh Indra Pomi ini, tegas Afrizal, mestinya menjadi pertimbangan bagi Muflihun dalam melakukan rotasi pejabat nantinya. Karena, Muflihun tentunya memilih orang-orang yang dianggapnya mampu bekerja.

"Pj ini kan dapat warisan dari Wako sebelumnya, hal-hal seperti ini harus jadi pertimbangan dalam menunjuk pejabat nantinya," tuturnya.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru klaim penanganan banjir selama Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menjabat mulai membaik. Sejumlah titik rawan banjir kini mulai berkurang.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, sejak Pj Walikota Muflihun mengintruksikan PUPR untuk menyelesaikan masalah banjir, pihaknya mengaku terus melakukan pembersihan di titik banjir.

Menurutnya, upaya pembersihan yang dilakukannya bersama pasukan kuning telah membuahkan hasil. Bahkan, dirinya mengaku, sejumlah titik banjir yang telah dilakukan pembersihan oleh pasukan kuning tidak lagi ada genangan air.

"Pasca Pj walikota mengintruksikan ke kita untuk menyelesaikan banjir di Kota Pekanbaru, kami memang setiap hari melakukan intervensi terhadap pembersihan kota ini di beberapa titik," ujar Indra Pomi, Kamis (9/6/2022). ***