AARHUS - Pemain ganda putra Indonesia tampil lebih nyaman. Mereka pun tidak mau ketinggalan untuk ikut menyumbangkan angka kemenanangan bagi Indonesia saat membungkam  Aljazair 5-0.

Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang turun di partai keempat, berhasil mengatasi perlawanan Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel. Dalam waktu relatif singkat, 23 menit, pasangan berjulukan The Daddies ini menang 21-9, 21-15.

Berkat kemenangan Hendra/Ahsan pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10) malam, Indonesia pun unggul 4-0 atas Aljazair.

Bagi Hendra/Ahsan, mereka bersyukur bisa kembali bermain melawan Koceila/Youcef. Laga ini merupakan pertandingan pertama mereka sejak terakhir bertanding di Olimpiade Tokyo, Juli silam.

"Ini merupakan pertandingan pertama kami. Semoga penampilan kami semakin baik jika diturunkan pada pertandingan selanjutnya," sebut Hendra.

"Bersyukur saja bisa menyesuaikan diri dengan kondisi pertandingan, apalagi setelah lama kami tidak diturunkan," tambah Ahsan.

Pasangan muda penuh harapan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga tak mau ketinggalan menyumbang angka. Pasangan berjulukan The Babbies ini berhasil mengatasi perlawanan Mohamed Abderrahime Belarbi/Adel Hamek, 21-3, 21-11.

"Kami senang bisa menyumbangkan angka. Cuma kualitas lawannya memang jauh. Meskipun begitu, ini baru awal dari perjalanan kami sebagai pemain," ujar Daniel.

Dengan tambahan angka dari Leo/Daniel, Tim Garuda akhirnya menang 5-0 atas Aljazair. Kemenangan ini juga bermakna penting untuk menambah spirit pemain saat menghadapi Thailand yang kualitasnya lebih baik pada Senin (11/10) siang pukul 13.30 waktu setempat.

"Kemenangan 5-0 atas Aljazair ini saya rasa akan menambah kepercayaan diri para pemain untuk menghadapi Thailand di pertandingan hari Senin lusa yang pasti tidak gampang," tutur Hendra.

"Bersyukur bisa melewati hari ini dengan kemenangan 5-0. Kemenangan ini menjadi bakal menghadapi pertandingan berikutnya. Kita harus lebih siap dan lebih fight lagi," tambah Ahsan.

Di mata kepala pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi, kemenangan atas lawan yang jauh kualitasnya, memang rasanya tidak bisa jadi patokan dan bahan evakuasi. "Secara teknis tidak ada yang bisa dievaluasi karena handicap lawan yang terlalu jauh," sebut Herry. 

Hasil Piala Thomas Indonesia vs Aljazair (5-0):

Jonatan Christie vs Youcef Sabri Medel, 21-8, 21-8

Shesar Hiren Rhustavito vs Mohamed Abderrahime Belarbi, 21-6, 21-12

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Adel Hamek, 21-11, 21-6

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel, 21-9, 21-15

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohamed Abderrahime Belarbi/Adel Hamek, 21-3, 21-11. ***