PEKANBARU - Pimpinan Badan Anggaran DPR RI Ir. HM. Idris Laena bersama Ir. HM. Lukman Edy, Msi menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan selama dua hari di Pekanbaru, Riau. Kegiatan dengan balutan Kesenian Irama Minang (KIM) tersebut, menarik perhatian masyarakat.

Idris Laena mengatakan, semua masyarakat wajib untuk mengenal dan mesosialisasikan nilai-nilai berkebangsaan melalui 4 pilar berupa Pancasila, UUD 1945, NKRI (Negara Kesatua Republik Indonesia), serta Bhineka Tunggal Ika. Pekanbaru merupakan daerah heterogen yang didiami campuran budaya dan kultur, salah satunya adalah masyarakat Minangkabau.

"Saya lega tidak meragukan nasionalisme masyarakat Riau dan Pekanbaru khususnya. Kita semua wajib tahu dan mensosialiasikan nilai bekerbangsaan di tengah kemajemukan melalui budaya nusantara. Saatnya budaya Minang juga turut berkontribusi melalui permainan KIM ini," kata politisi Partai Golkar tersebut, Minggu (18/12/2016).

Ia menyebutkan, KIM yang merupakan dari kesenian luhur untuk mempersatukan bangsa, akhir-akhir ini justru dikenal negatif sebagai ajang perjudian. Jika dikemas baik, mampu untuk meningkatkan kedekatan emosional masyarakat mengenal 4 Pilar Kebangsaan.

"Kalau saya menyarankan nanti, permainan ini dipergunakan untuk urusan kepentingan bangsa, sosialisasikan ketatanegaraan lewat 4 pilar. Karena, melalui permainan rakyat seperti ini, bersentuhan langsung dengan masyarakat," katanya.

Menurut dia, sosialisasi lewat pentas seni dan budaya bisa dilanjutkan di daerah-daerah lain di Riau. Pemersatu sebuah bangsa adalah perasaan senasib sebagai sebuah bangsa, nasionalisme.

"Bangsa Indonesia disatukan oleh perasaan senasib, yang kemudian dikuatkan dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat hal tersebut selama ini telah kita amalkan," ujar Idris.

Idris Laena menegaskan agar generasi muda untuk menjaga dan mempertahankan empat pilar bangsa dalam kehidupan sehari-hari. "Saya berpesan, saya ingatkan, ini tugas kita," ucapnya.

Baca Juga: Lukman Edy Sisipkan Nilai Empat Pilar dalam Pentas Seni dan Budaya

Kegiatan sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan lewat pentas seni ini membangkitkan gairah warga Pekanbaru untuk turut serta. Masyarakat antusias menyimak dan berbaur dalam permainan irama khas Minang tersebut.***