PEKANBARU – Tim Penilai dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru sedang memperjuangkan usulan agar Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil MuazzamSyah sebagai Pahlawan Nasional. Saat ini, tim sedang menunggu hasil perjuangannya dari Kementerian Sosial.

Sembari itu, Ketua TP2GD Kota Pekanbaru mengatakan, pihaknya juga berencana mengusulkan gelar Pahlawan Daerah bagi sejumlah tokoh yang berjasa bagi Kota Pekanbaru.

"Kita masih menunggu hasil pengusulan Marhum Pekan yang sudah kita kirimkan ke Kementerian Sosial RI, maka itu kami juga berencana akan mengusulkan gelar Pahlawan Daerah bagi mereka yang berjasa bagi Kota Pekanbaru," ujar Ayat Cahyadi, Jumat (13/5/2022).

Ayat menjelaskan, pihaknya sudah menyusun beberapa nama yang akan diusulkan menjadi Pahlawan Daerah yakni Imam Muhammad Tahir, Hasan bin Kasim dan Herman Abdullah.

"Kita akan komunikasikan kepada TP2GD Provinsi Riau berapa nama yang bisa kita usulkan, kalau bisa semuanya akan kita usulkan," jelas Ayat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru, Idrus mengatakan akan mendukung seluruh kegiatan TP2GD Kota Pekanbaru dalam rangka pengusulan gelar Pahlawan Daerah bagi tokoh-tokoh yang sudah memberikan jasa bagi daerah.

"Kami siap mendukung seluruh kegiatan TP2GD Kota Pekanbaru dalam rangka pengusulan gelar Pahlawan Daerah dan finalisasi kelengkapan pengusulan Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional," pungkasnya. ***