PANGKALAN KERINCI - Berdasarakan hasil tracing yang dilakukan tim kesehatan ditemukan sebanyak 12 orang yang terkonfirmasi melakukan kontak erat dengan MR (48) pasien positif Covid-19 warga Kabupatrn Pelalawan, Riau.

MR terkonfirmasi positif Covid-19 pada, Jumat (31/7/2020) pekan lalu. MR melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 28 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

MR dengan keluhan demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala, lemah, nyeri otot, mual serta muntah, nyeri pada abdomen dan diare.

"Diskes sudah bergerak. Kami sudah melakukan tracing kepada kontak erat, kami juga sudah melakukan rapid dan swab kontak erat dangan yang bersangkutan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes, Senin (3/8/2020).

Hasil tracing, lanjut dia, untuk sementara terkonfirmasi sebanyak 12 melakukan kontak erat dengan MR.

"Dan yang kontak erat sudah kami tracing sampai ke yang paling dasar, siapa kawan tidurnya. Pagi ini kita sudah rapid test pada orang-orang yang ada disuatu acara, dalam arti bersalaman meski menggunakan protokol kesehatan, namun untuk antisipasi kita sudah tracing," jelasnya.

Asril menambahkan, hingga Senin pagi jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Pelalawan berjumlah 7 orang.

"Kondisi 7 orang yang positif ini sudah setabil namun masih ada gejala ringan. Untuk mastitikan ini saya langsung vidio call pasien positif Pelalawan ini. Kita menunggu hasil swab berikutnya, jika negatif dan dinyatakan sembuh pasien bisa dipulangkan," pungkasnya, saat konferensi pers di Media Center.*