BAGANSIAPIAPI - Sebagian warga Bagansiapiapi, Rokan Hilir Riau tetap melaksanakan sholat Jumat dan Tarawih di mesjid meski sudah ada himbauan pemerintah untuk sholat Jumat dan Tarawih di rumah saja. Menurut sebagian warga, kurang afdol jika itu dilaksanakan di rumah.

Seperti yang terjadi Jumat (24/4/2020). ''Namanya ibadah, jadi kami merasa afdolnya di mesjid. Kalau dikaitkan dengan himbauan tekait Covid-19, kami berserah kepada Allah SWT saja,'' ujar Nukman (43), warga Bagansiapiapi.

Nukman dan jamaah sholat Jumat menambahkan, mereka tidak mengangkangi himbauan Bupati Rohil, Kepala Kemenag dan 7 Ormas Islam yang menandatangani kesepakatan untuk beribadah di rumah. ''Kita patuhi standar dan protokol kesehatan, cuci tangan dan pakai masker,'' tambah Nukman dan jamaah mesjid Al Ikhlas Bagansiapiapi.

Dikatakannya, pihaknya juga merasa ada kesimpangsiuran di tengah masyarakat Rohil tetang virus Corona (Covid-19) seperti pemberitahuan bahwa ada 2 PDP di Rohil, namun tak lama sesudah itu, diralat kembali oleh Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Mess Pemda di Jalan Perwira Bagansiapiapi.

''Jadi kami bingung sendiri, datanya berubah-ubah, padahal informasinya sama-sama dari Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19,'' tambahnya.

Meski begitu, para jemaah yang masih sholat di mesjid, tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah diberikan Pemkab Rohil. ***