DUMAI - Arus mudik pada H-4 jelang hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah di Terminal Penumpang PT Pelindo 1 Kota Dumai, Riau, diprediksi akan terjadi peningkatan. Diperkirakan ada 4.000 lebih pemudik dari kedatangan Domestik dan International, yang tiba di Pelabuhan Penumpang Kota Dumai.

Pantauan GoRiau.com, di Terminal Penumpang PT Pelindo 1 Kota Dumai, Sabtu siang (2/7/2016) sekitar pukul 13.30 WIB, lonjakan penumpang yang menggunakan speedboat dari Malaysia terlihat mulai meningkat dari hari sebelumnya, di terminal kedatangan International.

Hal yang sama juga terjadi di terminal kedatangan Domestik, pemudik mulai ramai berdatangan untuk melanjutkan perjalanan ke Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat, serta dalam Provinsi Riau sendiri.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Polres Dumai, AKP Indra Feradinata SH SIK kepada GoRiau.com saat memantau arus mudik di terminal kedatangan International mengatakan, bahwa sekitar 4.000 lebih pemudik Domestik dan International yang akan tiba di Dumai.

"Biasanya dari Malaysia hanya 3 kapal, hari ini ada 5 kapal, yaitu 3 kapal dari Malaka, 1 kapal dari Port Klang dan 1 kapal dari Port Diksen. Jika 1 kapal berisi 250 orang, berarti dari Malaysia sendiri ada sekitar 1.000 pemudik," beber AKP Indra.

Untuk kedatangan domestik hari ini, lanjutnya, ada 10 kapal yang bersandar di pelabuhan penumpang. Jika 1 kapal ada 300 orang, maka 3.000 orang pemudik yang akan tiba di Dumai melalui pelabuhan penumpang.

"Lonjakan ini diperkirakan akan terus mengalami penambahan, dari H-3 sampai H-2 nanti. Biasanya menjelang hari H, lonjakan penumpang akan mulai berkurang. Meskipun demikian, upaya antisipasi terhadap tindak kriminalitas terus kita pantau," tutup AKP Indra menjelaskan.***