PEKANBARU - Satu unit mobil Water Canon serta ratusan personil kepolisian disiagakan di kawasan Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Riau, Minggu (1/5/2016) pagi. Mereka dikerahkan guna mengamankan acara Hari Buruh Sedunia (May Day). Bahkan Polda Riau sejak tengah malam kemarin sudah menetapkan status Siaga I.

Pantauan GoRiau.com di Jalan Gajah Mada, terlihat satu unit mobil Water Canon diparkirkan. Lalu juga beberapa polisi dari Sabhara dan Brimobda berjaga-jaga. Sedangkan sisanya melakukan persiapan di Mapolda Riau yang hanya berjarak beberapa meter dari tempat aksi Hari Buruh digelar.

Pagi tadi, ratusan polisi ini juga telah melakukan gelar pasukan serta mendapat pengarahan langsung tentang antisipasi pengamanan acara May Day, khususnya dibeberapa objek vital di Kota Pekanbaru. Untuk menciptakan situasi kondusif, Polresta Pekanbaru telah mengerahkan sekitar 250 personil dari seluruh jajaran.

Sampai berita ini diturunkan, Jalan Gajah Mada masih ditutup. Pengendara dialihkan melewati Jalan Kartini dan Jalan Sumatera. Ada juga personil Lalu Lintas terlihat mengatur arus supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan. Sampai sekarang, massa di Hari Buruh masih sedikit. Kabarnya acara akan dimulai sekitar pukul 10 WIB nanti.

Tampak juga beberapa orang pengunjung Car Free Day (CFD) berolah raga disela-sela aksi May Day disitu. Sebagian ada yang bersepeda, memakai sepatu roda, jogging dan berfoto-foto. Tak sedikit pula yang sengaja berpose di dekat mobil Water Canon. ***