BAGANSIAPIAPI - Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2022 untuk Provinsi Riau digelar, Senin (27/6/2022) di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru dan dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman SS MH bersama Bupati dan Wali Kota se-Riau.

Agenda Internasional setiap 26 Juni ini dijadikan moment Hari Anti Narkoba Internasional yang digelar di beRbagai negara. Hari Anti Narkotika Internasional ini tertuang dalam kesepakatan United Nation Office on Drugs and Crime (UNODC), 26 Juni 1988 lalu. Sementara Hari Anti Narkotika Internasional untuk Indonesia dipusatkan di Bali dan dihadiri Presiden RI. 

GoRiau

Sedangkan untuk Provinsi Riau hadir Wagub Brigjend TNI (Purn) Edi Natar Nasution, Kepala BNBP Provinsi Riau Brigjend Polisi Robbinson Siregar, Waka Polda Roau Brigjend Polisi Tabana Bangun, Anggota DPRD Riau Syarifudin Poti dan seluruh bupati, walikota se-Riau.

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Selasa (28/6/2022) menyebutkan banyak yang harus diketahui untuk memperkuat aksi menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, khususnya di Rohil.

Ketua BNK Rohil ini mengatakan, adapun Tema HANI Tahun 2022 ini adalah Addressing Drug Challenges In Health Snd Humanitarian Crises artinya mengatasi tantangan narkoba dalam krisis kesehatan dan kemanusiaan.

Wabup Rohil ini menambahkan Provinsi Riau juga sudah meluncurkan program Desa Bersinar (Bersih Narkoba). ''Untuk di Rohil, program ini merupakan pilot project tingkat nasional, Desa Bersinar ini merupakan kegiatan pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa,'' terang Wakil Bupati H Sulaiman SS MH didampingi Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin SE.

Disebutkan Wabup Rohil, Desa Bersinar dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa bersama masyarakat dengan tujua untuk meningkatkan pendampingan masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba bersama unsur yang ada di desa tersebut. (advertorial)