PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah memastikan dalam waktu dekat akan mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Namun sejak satu pekan ini, dikabarkan permintaan BBM oleh setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) justru meningkat drastis.

Managemen PT Pertamina, Jumat (21/6/2013), menyatakan pendistribusian BBM bersubsidi jenis premium untuk 129 stasiun pengisian bahan bakar umum di Provinsi Riau memasuki pekan keempat Juni 2013 meningkat sekitar 30 persen.

Eksternal Relation Pertamina Marketing Region 1 Sumbagut, Fitri Erika, dihubungi per telepon mengatakan, rata-rata penyaluran BBM tersebut dari Siak yakni 1.500 kiloliter per hari, tapi pada Kamis (20/6) sudah disalurkan sebanyak 1.969 kiloliter.

"Itu artinya, memang telah terjadi peningkatan sekitar 30 persen. Indikasi peningkatan ini sudah terjadi selama satu pekan terakhir, selain premium, juga terjadi pada BBM jenis solar," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, atau pengelahgunaan BBM bersubsidi, kata dia, maka Pertamina melakukan penyeleksian yang ketat terhadap sejumlah SPBU tersebut.(fzr)