PEKANBARU - Harga bahan olahan karet (bokar) ditingkat pabrik. atau Gapkindo KKK 100% di Provinsi Riau, untuk minggu ini sebesar Rp22.400 per kg.

"Harga minggu ini mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp300 per kg," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, Senin (17/1/2022).

Sedangkan, untuk harga bokar di tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota se Riau pada minggu kedua bulan Januari 2022 yaitu untuk harga bokar/karet ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp. 11.400,-/kg tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga dari harga minggu lalu atau harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu, tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp. 10.891,-/kg tidak mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu sebesar atau harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu.

Kemudian, di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp. 11.900,-/kg harga minggu ini mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp 100,-/kg.

Sedangkan, untuk tingkat APKARKUSI di Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp. 12.401,-/kg harga minggu ini mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp 13,-/kg, ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp. 10.800,-/kg harga minggu ini tidak mengalami kenaikan atau harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu .

Ia menjelaskan bahwa Disbun selalu berupaya untuk mendorong mutu karet petani Riau, agar terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB.

"Sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," jelasnya. ***