JAKARTA - Indosiar sukses menggelar awarding untuk insan sepakbola Tanah Air, terbukti para nomine hadir semua, kecuali pesepakbola bola mancanegara yang mudik untuk mengisi masa libur panjang sebelum Liga 1 kembali digelar awal Maret mendatang.

Para pemenang yang dipilih oleh 412 pesepakbola yang merumput di Tanah Air mengaku surprise dengan penyelenggaraan penghargaan bergengsi insan sepakbola ini.

"Saya bangga dan bersyukur ajang Indonesian Soccer Awards yang pertama kali digelar bareng Indosiar berlangsung sukses. " Ujar Punaryo Astaman Presiden Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) pada awal media media di Studio 6 Indosiar Jakarta Sabtu diniahari (11/1/2020).

Defender Terbaik Indonesian Soccer Awards 2019 jatuh pada Hamka Hamzah pemain asal Arema FC.

"Saya senang bisa dipilih oleh teman-teman pesepak bola, saya nggak menyangka dapat ini. Karena menurut saya ada yang lebih pantas dari saya," ujar Hamka usai menerima trofi di Studio 6 Indosiar.
terharu

Hamka menambahkan trofi kebanggaan insan sepakbola Tanah Air ini dipersembahkan untuk seluruh pesepakbola Tanah Air khususnya pemain yang yunior. "Semoga keberhasilan saya ini bisa memotivasi pemain muda sepakbola Indonesia, trofi ini saya persembahkan untuk kalian," ujar Hamka.

Sementara Best Midfelder jatuh pada Makan Konate (Arema FC). Dia minta maaf tidak bisa hadir karena lagi pulang ke negaranya Mali. "Saya minta maaf tidak bisa hadir, pada Indonesia Soccer Award s 2019. Karena saya lagi pulang kampung. Saya berterima kasih kepada PSSI, APPI, Indosiar dan para pemain yang telah memilih saya," ujar Makan Konate

Untuk Best Favorit Young Footballer disabet Asnawi Mangkualam. "Maaf saya tidak bisa hadir disini, karena saya lagi umroh. Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan ini, kepada teman-teman seklub, PSSI, APPI dan Indosiar sebagai penyelenggara Indonesian Soccer Awards 2019," ujar Asnawi.

Para peraih Indonesian Soccer Awards selain mendapatkan trofi berbentuk bola emas juga uang tunai Rp. 5 Juta Rupiah.

Berikut daftar lengkap pemenang Indonesian Soccer Awards 2019:

1. Best Goalkeeper 2019: Wawan Hendrawan (Bali United)
2. Best Defender 2019: Hamka Hamzah (Arema FC)
3. Best Midfielder 2019: Makan Kotane (Arema FC)
4. Best Striker 2019: Marko Simic (Persija Jakarta)
5. Best Young Footballer 2019: Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura)
6. Best Woman Footballer 2019: Reva Octaviani (Persib Bandung)
7. Best Footballer 2019: Fadil Sausu (Bali United)
8. Favorite Goal 2019: Marko Simic (Persija Jakarta)
9. Favorite Young Footballer 2019: Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)
10. Favorite Footballer 2019: Ilija Spasojevic (Bali United)
11. Best Coach 2019: Stefano Cugurra (Bali United)
12. Best Referee 2019: Yudi Nurcahya
13. Fair Play Award: Tira Persikabo
14. Lifetime Achievement: Benny Dollo
15. Tribute To Alfin Lestaluhu, ***