PINGGIR - Pemuda Pancasila merupakan organisasi yang didirikan pada 28 Oktober 1959 oleh Jenderal Abdul Haris Nasution. Pemuda Pancasila memiliki ciri khas dengan pakaian corak loreng berwarna oranye.

Dalam acara silahturahmi bersama Pemuda Pancasila se-Kabupaten Bengkalis dengan Pemerintah Kabupatem Bengkalis di Desa Balai Pungut, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (28/12/2017), Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman disambut anggota loreng oranye (Pemuda Pancasila, red).

Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya berpesan, Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkalis harus memiliki terobosan dan ide kretif. Perlihatkan Pemuda Pancasila profesional dan bukan pengemis.

"Pemuda Pancasila bukan orang buangan, apalagi preman. Buktinya Pemuda Pancasila bisa menjadi pemimpin di Provinsi Riau. Pemuda Pancasila juga harus jujur dalam menjalan setiap tugas," pesan Gubernur Riau yang akrab disapa Andi.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, juga mengatakan, silahturahmi perlu dilakukan dalam memperkuat persaudaraan. Bukan hanya Pemuda Pancasila, Ormas lainnya pun harus bisa bahu membahu dalam membangun Kabupaten Bengkalis.

"Semangat solidaritas, integritas dan profesionlaitas harus menjadi prinsip Pemuda Pancasila. Bisa bersaing dalam persaingan global. Pemuda Pancasila harus bisa menjaga integritas. Jadilah ormas yang menjadi panutan bukan yang ditakuti," ujar Bupati Amril.

Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemuda Pancasila yang ikut sera dalam Operasi Lilin Siak 2017. Membantu Polri dalam pengamanan ibadah Natal.

"Eksistensi Pemuda Pancasila harus dipertahankan dalam hal positif yang membangun. Apalagi mampu membantu Polri dalam menciptakan situasi khamtibmas selama perayaan Natal," pungkas AKBP Abas Basuni.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkalis, Riki Rihardi kepada GoRiau.com mengatakan, dengan adanya silahturahmi dengan seluruh anggota Pemuda Pancasila yang hadir bisa memperkuat tali persaudaraan.

"Pemuda Pancasila bukan preman, Pemuda Pancasila siap bersinergi dan menjadi mitra Polri. Pemuda Pancasila siap berkontribusi dengan masyarakat. Kita juga siap mendukung program Pemerintah Daerah," pungkas Riki.

Acara ini dihadiri Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni, Danramil 06 Mandau-Pinggir, Kapten (Inf) Y Mendrofa, sejumlah anggota DPRD Bengkalis dapil Kecamatan Pinggir dan sejumlah Kepala OPD, serta sejumlah tokoh masyarakat. ***