PANGKALAN KERINCI – Bupati Pelalawan, H Zukri menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Pelalawan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bertempat di Gedung Daerah Laksmana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan dan pengambilan sumpah PPS dilakukan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Pelalawan, Wan Kardiwandi. Tampak hadir Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, perwakilan Dandim, camat, lurah serta kepala desa.

Wan Kardiwandi dalam sambutanya mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah PPS dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang sebelumnya dilaksanakan apel siaga.

Apel siaga bertujuan untuk memastikan seluruh petugas KPU ditingkat kecamatan maupun tingkat desa siap melaksanakan tugasnya.

"Selain PPS yang dilantik, juga diundang PPK dan Sekretaris PPK. Setelah dilantik ini, PPS langsung bertugas membentuk pantarlih, atau panitia pendaftaran pemilih. Jadi tak waktu bersantai, langsung kerja," terangnya.

Bupati Zukri dalam arahanya menekankan agar seluruh petugas PPS yang baru saja dilantik agar memiliki integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

"Kalau PPS tak berintegritas, maka akan sulit melahirkan demokrasi. Tapi saya yakin seluruh PPS yang dikantik ini berintegritas yang mencintai bangsa dan negara," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikannya, ada catatan yang harus menjadi perhatian PPS. Persoalan masyarakat tak terdaftar sebagai pemilih masih sering terjadi pada momentum pelaksanaan pemilu.

"Yang menjadi catatan kita semua, ternyata masih sering masyarakat yang tak terdaftar sebagai pemilih," ujarnya.

Untuk itu Bupati Zukri berpesan kepada seluruh PPS agar jangan sampai ada satupun masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

"Jangan ada satupun warga tak punya hak pilih, itu tak baik untuk demokrasi. Jangan sampai kita menzalimi orang lain. Tapi saya yakin semua bisa bekerja secara profesional dan mudahan tak terjadi lagi ada masyarakat yang tak punya hak pilih," pungkasnya.***