PADANG - Jalur Padang-Sitinjau Lauik yang menghubungkan Padang menuju Solok, Sumatera Barat, terganggu akibat longsor yang terjadi malam ini. Musibah itu menyebabkan kendaraan terjebak macet Panjang dari kedua sisi.

"Iya. Ada longsoran di Sitinjau Lauik. Malam ini masih tertutup," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) BPBD Provinsi Sumatera Barat, Rumainur, Selasa (24 /1/2023).

Menurut Rumainur, jalan saat ini masih tertutup material longsor perbukitan, sehingga tidak bisa dilewati. Longsor terjadi sejak pukul 17.00 WIB, akibat curah hujan yang tinggi.

"Sejak tadi siang, kita diguyur hujan lebat. Hujan menyebabkan tebing perbukitan longsor. Kawasan Sitinjau Lauik memang seringkali longsor," katanya.

Sebagian pengemudi memilih putar arah, memilih tidak melanjutkan perjalanan atau memutar arah melewati jalur Padang Panjang.

Rumainur mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional dan BPBD Kota Padang untuk membantu proses pembersihan material dari badan jalan. "Alat berat sudah ke lokasi," katanya lagi.

Sitinjau Lauik merupakan Jalur Lintas Timur Sumatera, yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Jambi. Kawasan ini seringkali dilanda longsor. Pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR sedang menggodok rencana pembangunan fly over, guna mengurai persoalan longsor disana..***