BENGKALIS, GORIAU.COM - Sekretaris Daerah H Burhanuddin memotong pita saat membuka pameran/bazar produk unggulan sempena peringatan Hari Koperasi ke-68 tingkat Kabupaten Bengkalis, Kamis (20/8/2015).

Sesuai tema tema Hari Koperasi ke-68 tahun 2015, yaitu 'Memperkokoh Koperasi sebagai Sokoguru Perekonomian', Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie menginstruksikan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) bekerja keras dan lebih keras membina koperasi yang ada di daerah ini.

Langkah ini penting, karena koperasi merupakan sukoguru perekonomian di Indonesia, termasuk di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Sementara di sisi lain, masih banyak koperasi yang belum dapat diandalkan menjadi sokoguru dalam untuk membangkitkan ekonomi rakyat.

Guna memperkokoh koperasi sebagai sokoguru perekonomian, Dinas Koperasi UMKM bersama Gerakan Koperasi harus sepakat untuk membangun koperasi dan bekerja lebih keras lagi agar koperasi-koperasi yang ada di daerah ini lebih berkualitas dan berdaya saing, sehingga mampu berperan dalam membangun perekonomian.

''Baik sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, maupun dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran. Harus dapat menyejahterakan, bukan saja bagi anggotanya, tetapi juga masyarakat,'' harapnya.

Diwakili Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Ahmad Syah mengatakan itu ketika puncak peringatan Hari Koperasi ke-68 tahun 2015 tingkat Kabupaten Bengkalis dan pembukaan pameran/bazar produk unggulan UKM di lapangan Tugu Bengkalis, Kamis (20/8/2015).

Diingatkan Ahmad Syah, dengan akan diberlakukannya berbagai perdagangan bebas seperti Masyarakat Ekonomi Asean pada Desember 2015, maka ke depan persaingan ekonomi yang dihadapi Kabupaten Bengkalis, bukan saja dengan daerah lain di Provinsi Riau atau provinsi lainnya, tetapi juga dengan negara-negara lain.

Mengingat persaingan ke depan kian kompetitif dan komprehensif, ujarnya, maka koperasi-koperasi di daerah ini juga harus ambil bagian dan berperan aktif dalam membangkitkan usaha dari sektor ekonomi kreatif.

''Sebagaimana daerah lain, Kabupaten Bengkalis juga memiliki banyak komoditi yang sangat potensial untuk dikembangkan. Ekonomi kreatif tersebut harus digenjot, agar daerah kita mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam persaingan pada era perdagangan bebas tersebut,'' pesannya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Burhanuddin

Karena itu juga kepada Dinas Koperasi dan UMKM, Ahmad Syah minta lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas pembinaan dan pengawasan terhadap koperasi-koperasi yang ada di daerah ini.

Sebab, imbuhnya lagi, hanya melalui pembinaan yang intensif akan dihasilkan koperasi dapat tumbuh, kuat, besar dan mandiri, dan koperasi yang memiliki sumber daya manusia, manajemen, penguasaan teknologi yang tinggi dan berkualitas.

''Tingkatkan pembinaan dan pengembangan perkoperasian dengan jiwa, semangat, prinsip dan nilai-nilai koperasi. Tingkatkan terus sinergi dan kerjasama antar koperasi atau koperasi dengan stakeholder lainnya,'' pungkas Ahmad Syah.

Sempena peringatan Hari Koperasi ke-68 tersebut, Dinas Koperasi UMKM menyerahkan penghargaan kepada koperasi terbaik, serta pameran/bazar produk unggulan UKM. Pameran/bazar ini diikuti pelaku UKM dari seluruh kecatan se-Kabupaten Bengkalis. (ail)