DURI - Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan gigi serta sikat gigi bersama dokter gigi ini ternyata hal yang dinanti-nanti murid TK Nur Ramadhani Jalan Tribrata Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Puluhan murid TK terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai.

Dimana pada kegiatan yang berlangsung Kamis (10/11/2016) pagi dihalaman TK Nur Ramadhani ini, sebelum mengikuti kegiatan sikat gigi bersama seluruh anak diajarkan tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar dengan langsung mempraktekkan oleh Dokter gigi dan guru pendamping.

Baca Juga: Drumband TK Nur Ramadhani Unjuk Kebolehan

Dikatakan Kepala TK Nur Ramadhani, Sri Widoningrum melalui Wakilnya Peni Wulandari, anak-anak TK ini juga mendapat penyuluhan seputar kesehatan gigi dan mulut yang disampaikan oleh para dokter gigi spesialis, drg Vera.

"Dokter gigi juga menjelaskan mengenai hal-hal apa saja yang memiliki dampak positif dan negatif dalam kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya itu, penyuluhan ini diselingi juga dengan interaksi para siswa/i dengan dokter," ujar Peni kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Kamis (10/11/2016).

Kegiatan yang terlihat menyenangkan bagi anak-anak PAUD Nur Ramadhani itu bukan hanya kegiatan yang hanya sekali tuntas. "Kita juga ada pemeriksaan gigi sehat bagi anak-anak. Dan orangtua juga menjadikan kegiatan tersebut sebagai acuan dalam perawatan gigi buah hatinya," kata Peni lagi.

Baca Juga: TK Nur Ramadhani Terapkan Belajar di Ruang Terbuka

Ternyata, gigi sulung atau gigi susu pada anak juga menentukan kesehatan gigi dan mulut pada masa dewasa. Jika gigi susu sehat dan tanggal dengan sempurna, maka gigi tetap akan tumbuh dengan sehat pula.

"Hal-hal sederhana seperti rajin menggosok gigi setiap pagi dan malam, tidak banyak dilakukan oleh keluarga baik anak-anak maupun orangtua. Tidak semua mengetahui pentingnya hal tersebut. Oleh karena itu, pemberian informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut harus selalu dilakukan terutama saat masa kanak-kanak agar anak dapat membuat hal sederhana ini menjadi sebuah kebiasaan baik yang nantinya akan menjadi budaya dalam keluarga mereka," tambah Peni menjelaskan.

Peni berharap, hal-hal sederhana ini menjadi suatu kebiasaan baik di dalam keluarga. "Dan jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali tidak hanya untuk anak tetapi untuk seluruh keluarga," tutup Peni.

Sementara itu, terlihat anak-anak tengah antri mengambil air bersih dan kembali pada lingkaran untuk melekatkan pasta pada sikat giginya sebelum mempraktekkan bagaimana menyikat gigi yang benar seperti yang telah diajarkan oleh dokter gigi sebelumnya. *** #BENGKALIS