PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman memaknai Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November sebagai bentuk mengenang jasa pahlawan dan membangkitkan mental kepahlawanan untuk membangun bangsa.

"Ada pelajaran moral yang bisa petik dari peringatan Hari Pahlawan mengenai arti penting ketabahan, kepahlawanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa," kata Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman saat membacakan pidato peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Kamis (10/11/2016).

Sebagai pengingat kembali, Andi Rachman sempat menuturkan cikal bakal peringatan Hari Pahlawan di Indonesia yang bermula dari peristiwa panjang pertempuran pertama setelah proklamasi kemerdekaan RI di Surabaya dalam melawan Inggris pada tanggal 10 November 1945.

"Pahlawan tidak mengajarkan politik ketakutan tetapi politik keberanian," kata Andi Rachman dalam peringatan hari Pahlawan yang mengambil tema 'Satukan Langkah Untuk Negeri' itu. (adv)