KAIRO – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menyambangi Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir pada Minggu (18/09/2022) waktu setempat.

Orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu disambut langsung Rektor Universitas Al-Azhar Prof Dr Salamah Jum’ah Ali Daud dan sejumlah petinggi di lingkungan civitas akademika universitas Islam tertua di dunia itu.

"Ternyata ada sekira 631 orang mahasiswa asal Riau yang sedang menuntut ilmu di Al-Azhar ini," ucap Syamsuar usai pertemuan.

Di depan rektor dan civitas akademika Universitas Al-Azhar, Syamsuar tidak hanya ingin mengikat kerjasama yang lebih erat di bidang pendidikan agama, tapi juga bidang-bidang lain seperti pertanian.

"Karena Mesir ternyata berhasil membangun sektor pertaniannya," ulas Gubri lagi.

Gubri Syamsuar berkesempatan memaparkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Riau.

Syamsuar juga menjajaki kerjasama antar Universitas Al-Azhar dengan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau.

"Kita coba jajaki kerjasama antar Perguruan Tinggi. Nanti kita minta Dubes RI di Kairo, Mesir untuk memfasilitasi ini," sebut Syamsuar, seraya menambahkan, bisa saja Al-Azhar mengembangkan universitasnya di Provinsi Riau.

Rektor Al-Azhar bersama civitas akademika menyambut hangat kehadiran Gubri dan rombongan.

"Kita juga bersyukur karena menurut Pak Rektor, mahasiswa asal Riau baik-baik, pintar-pintar, pandai bergaul dan pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan," ungkap Syamsuar.

Gubri Syamsuar datang ke Universitas Al-Azhar, antara lain didampingi Prof Dr Bambang Suryadi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Mesir, Karo Kesra Zulkifli Syukur, Kadis LHK Ma'mun Murod dan Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Riau Abdul Rasyid Suharto serta beberapa perwakilan mahasiswa asal Riau di Mesir. ***