PEKANBARU – Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II (Bandara SSK II) Pekanbaru kembali menambah layanan rute penerbangan internasional seiring dengan dioperasikannya kembali penerbangan langsung dari Kuala Lumpur - Pekanbaru oleh Malaysia Airlines.

Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan mengatakan bahwa Penerbangan Internasional Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH-841 telah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Kuala Lumpur pada hari Minggu (18/9/2022) kemarin sekitar pukul 17.50 WIB.

GoRiau

"Pada penerbangan tersebut, ada 156 penumpang dan disambut oleh prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru," ujar Hendra, Senin (19/9/2022).

Ia mengatakan pada kesempatan tersebut penumpang juga disambut secara simbolis dengan kegiatan pengalungan bunga oleh Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Riau Savitry Handayani dan pemberian cenderamata kepada pilot dan pramugari Malaysia Airlines.

GoRiau

Selain menambah pilihan destinasi bagi masyarakat yang akan bepergian ke Malaysia, pihaknya juga berharap penerbangan tersebut akan menjadi bagian dari upaya pemulihan konektivitas jalur udara antara Indonesia dan Malaysia.

"Sekaligus bentuk peran aktif pengelola bandara sebagai salah satu stakeholder pariwisata nasional," ungkap Irawan.

Lanjut Hendra, dengan dibukanya kembali direct flight dari Kuala Lumpur - Pekanbaru oleh Malaysia Airlines pasca pandemi Covid-19 akan memberikan semangat baru.

"Kita optimis bahwa tingkat kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia akan semakin meningkat," harapnya.

Setelah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, pesawat Malaysia Airlines tersebut berangkat kembali ke Kuala Lumpur dengan membawa 158 penumpang menggunakan nomor penerbangan MH-840 pada pukul 19.50 WIB. ***