PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai mendapat kabar Jalan Nasional Pusako - Buton yang putus total langsung melakukan langkah cepat perbaikan. Jalan penghubung ke Pelabuhan Tanjung Buton ini merupakan urat nadi transportasi industri ke Kota Pekanbaru dan Pelalawan.

"Saya sudah minta Kepala Dinas PUPR Riau dan Kepala Dinas Perhubungan Riau mengajak Kepala Satker Kementerian PU turun ke lapangan. Agar bisa mengambil langkah untuk penanganan masalah tersebut," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (7/11/2019).

Dinas terkait, dikatakan Syamsuar, telah melakukan upaya untuk membuat jalan alternatif, agar transportasi darat untuk perpindahan barang dan orang bisa lancar.

"Jalan alternatif bisa melalui Kecamatan Sungai Apit. Tapi hanya kendaraan kecil, seperti mobil. Kalau truk tonase besar lewat jalan Sungai Apit, bisa rusak jalannya. Kita upayakan cepat selesai penanganannya," ungkap Syamsuar.

Jalan Nasional Pusako - Buton di Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang putus tadi malam sekitar pukul 20.30 WIB, Rabu (6/11/2019). Satu trukntronton pengangkut cangkang terhisap masuk ke dalam dan sopirnya selamat.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa atas bencana ini. Penyebab awalnya ada dugaan pergerakan bumi yang menyebabkan jalan terhisap ke dalam dan tanah gambut naik ke permukaan," jelas Syamsuar. ***