PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman telah memberikan restu ketika Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Kamsol mengikuti assessment menjadi pegawai Eselon III di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

"Pak Kamsol sudah minta izin sama saya waktu mau ikut assessment di Kemendibud. Saya tentunya mendukung, mudah-mudahan berhasil," kata Andi Rachman kepada GoRiau.com di VIP Lancang Kuning Pekanbaru, Jumat (10/2/2017) malam.

Ia pun mengaku merasa bangga apabila pegawai-pegawainya di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil menembus jabatan di Kementerian dan tak akan menghalang-halangi.

"Kalau berhasil, itu keuntungan bagi Riau. Dengan begitu bisa membantu memperjuangkan Riau di Kementerian," tuturnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengaku belum menerima surat pemberitahuan resmi dari Kemendikbud. Kendati demikian, ia pun membenarkan pihaknya pun mendengar desas-desus kabar tersebut.

Mantan Kabiro Hukum dan HAM Setdaprov Riau ini pun mengaku belum bisa membeberkan mekanisme seperti apa untuk mengisi posisi Kadisdik Riau yang akan ditinggalkan Kamsol dikemudian hari.

"Kami masih menunggu karena surat resminya belum terima. Informasinya memang begitu (diterima di Kemendikbud). Kami tunggu arahan pak Gubernur," ungkapnya.

Sementara itu, Kamsol yang saat ini masih menjalankan tugasnya sebagai Kadisdik Riau itu belum mau sepenuhnya terbuka. "Belum tahu lagi," singkat Kamsol ketika dikonfirmasi GoRiau.com di Pekanbaru, Kamis (9/2/2017) siang. ***