PEKANBARU – Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau, Karmila Sari, mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang berhasil memajukan daerah pedesaan. Hal itu terungkap dalam data Indeks Desa Membangun (IDM).

Dikatakan Karmila, berdasarkan data di tahun 2022, secara umum,kategori Desa Mandiri, Maju, dan Berkembang di Riau berada di atas rata-rata nasional.

"Sedangkan jumlah Desa Sangat Tertinggal dan Tertinggal telah berada dibawah rata-rata nasional, ini tentu sangat kami apresiasi, termasuk peran pak gubernur,” ujar Karmila, Kamis (16/6/2022).

Dari total 93,25 persen desa yang sudah terdata oleh IDM, kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau ini, Riau berada di rangking 17 nasional dengan skor 0,7010 poin dan meningkat dari skor IDM 2021, yakni 0,6746 poin.

Hal ini tentunya tak terlepas dari dana Bantuan Keuangan (Bankeu) Desa yang sudah dianggarkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, dalam tiga tahun berturut-turut.

"Semua desa di Riau yang jumlahnya 1590 desa sudah terdata di IDM. Kita berharap progres ini terus berjalan, karena pemberdayaan masyarakat desa sangat penting mengingat populasi masyarakat pedesaan masih sangat banyak di Riau," tutupnya.***