PEKANBARU - Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengecek kesiapan asrama embarkasi haji antara, Kamis (27/6/2019). Tahun ini Syamsuar menerima langsung Surat Keputusan Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI.

Syamsuar melihat pada prinsipnya, asrama Embarkasi Haji Antara Riau sudah siap menerima dan melayani jamaah calon haji sebelum bertolak ke tanah suci. Jika embarkasi haji antara sudah bisa digunakan tahun ini akan menghemat biaya perjalanan.

"Selama ini jamaah calon haji asal Riau harus mengeluarkan dana ekstra, karena harus menggunakan jalur laut menuju embarkasi haji Batam. Terutama JCH asal Riau pesisir, seperti Bengkalis, Siak, Dumai dan lainnya," kata Syamsuar.

Sebelum embarkasi ini aktif digunakan jamaah calon haji, Syamsuar melihat terlebih dahulu apa saja yang menjadi kekurangan yangbperlu dibenahi. Syamsuar juga mengingatkan, agar penerangan di embarkasi haji antara ini bagus dan tidak mengecewakan.

"Jadi, jamaah calon haji bisa langsung ke Arab Saudi melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II. Tidak perlu lagi melalui Batam dan akan menghemat biaya," ungkap Syamsuar.

Tak ingin jamaah calon haji kecewa dengan kondisi embarkasi haji antara, Syamsuar langsung meninjau kamar, ruang tunggu kedatangan, ruang keberangkatan, ruang kesehatan, imigrasi, dan ruangan lainnya. ***