PEKANBARU, GORIAU.COM - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Riau berhasil membongkar kegiatan pupuk oplosan disebuah gudang di desa Pendalian kecamatan Rokan IV koto, kabupaten Rohul. Tak kurang sekitar 150 ton pupuk campuran diamankan polisi, serta 10 unit truk pengangkut.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com di Mapolda, Senin (8/6/2015), penggrebekan dilakukan aparat pada Rabu (4/6/2015) pekan lalu, disebuah gudang pupuk milik PT MCM (Masuba Citra Mandiri), desa Pendalian kecamatan Rokan IV koto, kabupaten Rohul.

Saat itu, Dit Reskrimsus Polda Riau menemukan sekitar 150 ton pupuk urea oplosan yang dicampur dengan garam. Gudang tersebut, diduga milik ZO alias Ujang Datuk. Selain pupuk, petugas juga menemukan 10 unit truk Coltdiesel untuk mengangkut pupuk yang sudah diolah ini.

"Ya sekitar minggu lalu. Kita rencananya baru akan ekspose hari ini, karena sebelumnya harus memastikan penyelidikan, apakah temuan itu memang benar pupuk oplosan. Makanya kita bawa uji labor terlebih dahulu," beber Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Yohanes Widodo, Senin (8/6/2015).

Hingga berita ini diturunkan, polisi belum merincikan siapa pelaku atas kasus dugaan pupuk oplosan tersebut, dan apa hasil laboratorium terkait jumlah pasti pupuk oplosan. "Kita menduga di gudang itu terdapat ribuan ton pupuk, baik yang sudah di oplos maupun yang belum sempat dipasarkan," tukas Yohanes singkat. (had)