SIAK SRI INDRAPURA - Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi 26 Desember 2019 nanti. Peristiwa langka ini dapat dilihat di langit Kabupaten Siak, Riau. Momen ini mulai disosialisasikan Pemkab Siak untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Sosialisasi yang dilakukan Pemkab Siak dikemas dalam acara Road to GMC yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Minggu pagi (01/12/2019).

Acara diisi dengan Jalan Santai dan Pengobatan Gratis serta Gerak Jalan Beregu tingkat SD-SLTA, diselenggarakan atas kerjasama antara Puskesmas Sungai Apit, PGRI Kecamatan Sungai Apit dan EMP Malacca Srait.

"Banyaknya iven yang akan diadakan bersempena GMC, momentum ini juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Siak. Untuk mendukung pariwisata, pihak LAPAN bersama Kemristekdikti akan mengadakan workshop teropong lubang jarum untuk 100 peserta, pameran fotografi gerhana matahari, dan kamera obscura," kata Bupati Siak, Alfedri.

Sebutnya, festival ini diharapkan akan mengedukasi masyarakat tentang fenomena alam gerhana matahari cincin. Setiap agenda direncanakan dengan matang agar acara berjalan sukses dan memenuhi target.

"Fenomena ini merupakan suatu keberkahan bagi Kampung Bunsur Kecamatan Sungai apit Kabupaten Siak sebagai Pusat untuk melihat Gerhana Matahari Cincin," jelas Alfedri.

Tepat menjelang detik-detik GMC nanti, masyarakat akan dihibur dengan lantunan religius dari artis ibukota Nissa Sabyan. Selain itu pemutaran film IQRA' juga akan dilaksanakan di kampung bunsur ini guna memeriahkan kegiatan Nasional ini. ***