PEKANBARU - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun sampai di Kota Pekanbaru masih berjalan. Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Muzailis mengatakan orang tua masih tidak dipermasalahkan jika belum setuju untuk vaksinasi.

Ia menjelaskan, vaksinasi anak bukan persyaratan agar anak dapat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). Orang tua siswa atau anak tidak dipaksa untuk setuju.

"Kita masih sebatas imbauan. Artinya tidak ada paksaan, tergantung persetujuan orang tua. Kalau orang tua mau vaksin, kita vaksin. Tapi kalau tidak, ya tidak apa-apa," ujarnya, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, belum ada aturan yang menjelaskan bahwa anak yang belum divaksinasi tidak bisa mengikuti PTM. Hal ini juga seperti siswa di tingkat SMP yang sudah mengikuti PTM, meskipun belum semua divaksinasi.

"Seperti anak SMP kan sudah lama dimulai vaksinasi nya. Tapi masih ada orang tua mereka yang tidak mengizinkan vaksin, namun anak mereka tetap bisa belajar seperti biasa. Sama dengan anak yang vaksin," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, saat ini, 34.574 anak usia 6-11 tahun sudah mendapatkan vaksin. Jumlah itu belum sampai setengah dari total 103.017 anak yang menjadi sasaran vaksinasi. ***