JAKARTA - Menampakkan keseriusan mendatangkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menyampaikan kuliah umum di UIN Suska Pekanbaru, Direktur PPS UIN Prof. DR. H. Ilyas Husti, MA langsung bertemu dengan AHY. Pertemuan berlangsung cukup akrab, Selasa (24/11/2017)  di AHY Command Centre, Jalan Wijaya I, No 11, Jakarta Selatan.

''Kita ini datang dengan hajat besar. Kita keluarga besar UIN menjumput Mas AHY bisa bersilaturrahmi ke kampus kami, UIN Suska Pekanbaru," ucap Ilyas Husti sebelum menyerahkan undangan tertulis kepada AHY. Bertemu dengan AHY, Ilyas Husti didampingi dua pengurus BEM UIN.

Selain itu, ikut hadir dalam pertemuan itu Ketua DPD Demokrat Riau Asri Auzar, Sekretaris Eddy Mohd Yatim, dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Riau Aherson. "Kita hanya memfasilitiasi pertemuan ini," ucap Asri yang kini berada di Jakarta bekoordinasi dengan pegurus DPP Demokrat untuk persiapan pelantikan.

Dalam kesempatan itu, Direktur PPS UIN itu juga menyampaikan salam dari Rektor UIN Prof. Munzier Hatami dan Wakil Rektor III DR. Tohirin. Semula, kedua petinggi UIN itu dijadwalkan ikut bersama bertemu dengan AHY, tapi disebabkan tidak bersesuain waktu hanya Direktur PPS saja yqng jadi berjumpa.

"Pak Rektor dan Pak WR III sebenarnya tadi malam sama-sama dengan kita mau ke sini. Alhamdulillah, malam tadi kita sudah bersilaturrahmi dengan Pak Tommy (staf AHY) terkait berbagai persiapan untuk kegiatan nantinya. Insyaallah kita bisa bertemu dengan Pak Rektor di Riau," ucap Ilyas Husti.

Ilyas Husti memandang, kehadiran AHY ke kampus UIN Suska bakal mampu memberi motivasi kepada mahasiswa untuk terus berprestasi. "Generasi muda sekarang perlu motivasi yang tinggi untuk membangun generasi emas Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, AHY nampak menyambut hangat kedatangan Direktur PPS UIN itu. Ia juga menyampaikan permintaan maaf pada Rektor dan WR III UIN karena tak sempat berjumpa.

"Insyaallah saya akan hadir. Saya selalu bersemangat bila bersama anak-anak muda. Apalagi bila berbicara tentang generasi emas," sambut AHY.

AHY mengemukakan, di berbagai kesempatan ia selalu mengajak anak-anak muda membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kompotitif. "Sesungguhnya Indonesia selalu memiliki peluang menjadi bangsa besar. Potensi yang kita miliki merupakan modal besar untuk kita bisa menguasai dunia," paparnya.

Ia melihat, kampus-kampus besar seperti UIN menjadi bagian penting dalam membangun genrasi emas Indonesia. UIN dengan kekuatan membangun intelektual Islam meniadi kekuatan besar dalam membangun karakter bangsa. "Insyaallah kuliah umumnya akan kita lanjutkan di Riau nanti," ucap AHY dengan nada begurau. ***