DURI - Mengembangkan kecerdasan majemuk untuk menggali potensi minat dan bakat anak sejak dini merupakan kunci utama untuk kesuksesan masa depan anak. Inilah salah satu kiat yang dilakukan TK Nur Ramadhani yang beralamat di Jalan Tribrata Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kepala TK Nur Ramadhani, Sri Widoningrum melalui Wakil Kesiswaan, Peni Wulandari kepada GoRiau.com mengatakan membangun kecerdasan anak adalah ibarat membangun sebuah rumah yang mempunyai beberapa pilar tembok atau kayu sebagai penyangganya. Jika membangun pilar tembok semakin kokoh rumah tersebut berdiri.

"Seperti yang sama kita ketahui anak tidak luput dengan kegiatan bermain. Sehingga dalam bermain anak harus ada unsur pendidikan untuk menstimulasi kecerdasannya. Tetapi tetap diolah dan ditampilkan semenarik mungkin, jadi anak nyaman bermain sekaligus belajar," kata Peni, Sabtu (19/3/2016).

Menurutnya, jika sering menstimulus anak nantinya akan tahu bakat anak dan bisa dilihat dari kecenderungan yang menonjol. TK Nur Ramadhani mempraktekannya dalam satu kegiatan ekstrakurikuler, memainkan pianika baik di lingkungan sekolah maupun di tempat umum seperti pusat perbelanjaan.

"Melihat anak secara unik, sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya, akan membantu anak berkembang lebih baik. Dengan kegiatan ekskul ini, anak-anak belajar angka atau pun huruf sambil bermain musik. Dengan cara yang lebih menyenangkan, dalam kondisi yang nyaman dan senang," ujar Peni lagi.

Kondisi lingkungan sekolah, lanjut Peni, juga sangat mendukung kegiatan anak yang tidak hanya didalam kelas. Di TK Nur Ramadhani anak akan lebih mudah menyerap konsep-konsep atau informasi baru dari program pendidikan yang ada.

"Kami juga bekerjasama dengan pihak swasta untuk setiap kegiatan anak diluar sekolah. Seperti dengan salah satu pusat perbelanjaan di Duri yang setiap Minggunya memiliki event. Disana, anak-anak TK Nur Ramadhani akan menampilkan bakat mereka, hal ini kami lakukan untuk menimbulkan rasa percaya diri anak tampil didepan umum," tutup Peni.(*/rha)