PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, memimpin forum konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, yang digelar di Balai Serindit, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin (4/4/2022).

GoRiau

Dalam sambutannya Gubri Syamsuar menyampaikan, pelaksanaan forum konsultasi publik ini merupakan amanah peraturan perundangan-undangan, setelah perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau disahkan oleh DPRD Provinsi Riau.

''Karena kemarin sudah di sahkan perubahan RPJMD maka dilanjutkan forum konsultasi publik,'' kata Gubri.

GoRiau

Ia menerangkan, perubahan RPJMD Provinsi Riau ini di antaranya disebabkan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia, termasuk Provinsi Riau. Akibat pandemi, pendapatan daerah menurun sehingga target yang telah disiapkan pada 2019 lalu, dikhawatirkan tidak dapat dilaksanakan dengan baik.

GoRiau

''Jadi karena itulah, sesuai amanah peraturan perundangan juga kalau terjadi bencana, karena itu diberikan kesempatan untuk melakukan perubahan RPJMD. Untuk itu, Alhamdulillah telah disahkan beberapa waktu lalu oleh DPRD Riau,'' terangnya.

Setelah perubahan RPJMD disahkan, ungkapnya, dilanjutkan dengan RKPD untuk penyiapan dokumen-dokumen perencanaan yang dimulai dengan forum konsultasi publik ini.

GoRiau

Gubernur Syamsuar menuturkan, hal yang menjadi penekanan pada forum tersebut adalah pelaksanaan RKPD ini harus menyesuaikan dengan situasi ekonomi saat ini, termasuk juga pendapatan daerah.

''Karena itu harus disesuaikan dengan perioritas- perioritas pembangunan,'' lanjutnya.

Dikatakannya, salah satu bagian pemulihan ekonomi daerah adalah sektor pariwisata. Terkait pariwisata, difokuskan pada pemanfaatan desa-desa wisata dengan pengembangan daerah untuk menumbuhkembangkan kunjungan atau minat wisatawan domestik ke desa wisata tersebut.

''Termasuk iven wisata dan budaya yang selama ini ada. Kita buka itu agar membuat daya tarik daerah,'' ujarnya.

GoRiau

Gubri menyebutkan, melalui iven wisata dan budaya di daerah juga dapat membuat daya tarik suatu daerah tersebut hingga diharapkan bukan hanya kunjungan dari orang Riau. Namun, dari daerah lain juga dapat berkunjung ke Provinsi Riau.

''Seperti itu misi kita untuk pemulihan ekonomi sekaligus untuk meningkatkan usaha-usaha ekonomi kreatif,'' sebutnya.

GoRiau

Turut hadir dalam forum tersebut, Wakil Ketua DPRD Riau Syafaruddin Poti, Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Perwakilan Forkopimda Provinsi Riau, jajaran kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau serta undangan lainnya yang hadir secara luring dan daring.***

Foto dan teks: istimewa.