PEKANBARU - Seekor gajah betina dewasa ditemukan dalam keadaan sudah mati di kebun karet yang berdekatan dengan areal perumahan karyawan Baserah Central Nursery (BCN), Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

Gajah yang berusia kurang lebih 45 tahun itu ditemukan tewas oleh petugas BCN pada tanggal 24 Mei 2021, sekitar pukul 11.45 WIB.

Berdasarkan informasi dari petugas BCN, Environment Officer PT RAPP kemudian langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian untuk melihat kondisi gajah dan melakukan pengamanan di lokasi kejadian.

Selanjutnya informasi kemudian diteruskan kepada conservation head yang langsung berkoordinasi dengan tim Balai Besar KSDA Riau.

Pada hari yang sama, tim Balai Besar KSDA Riau dengan didampingi oleh tim RAPP melakukan olah TKP dan nekropsi terhadap bangkai Gajah.

Namun kematian gajah itu baru di rilis pada hari ini Rabu (16/6/2021) sore oleh BBKSDA Riau, setelah foto gajah mati itu beredar di WhatsApp Group.

“Dari hasil nekropsi dan pemeriksaan secara patologi yang dilakukan oleh tim medis Balai Besar KSDA Riau, diduga penyebab kematian gajah betina yang berusia sekitar 45 (empat puluh lima) tahun tersebut adalah gangguan pada organ hati (hepar) dan sistem pernapasan,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar KSDA Riau, Hartono kepada wartawan, Rabu sore.

Saat ini sampel darah gajah tersebut sedang dalam proses analisa di laboratorium di Bogor dan masih menunggu hasil.

Hartono juga menyampaikan, kalau gajah tersebut sudah sejak tahun 2020 lalu terpisah dari kelompoknya dan berkeliaran di seputaran Baserah Central Nursery (BCN). ***