JAKARTA – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), federasi sepakbola dunia (FIFA) secara resmi sudah mengumumkan logo FIFA World Cup U 20 Indonesia tahun 2023 mendatang.

Melalui momentum tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berharap mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik, baik itu dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi persiapan prestasi.

"Mulai dari sekarang kita harus sudah semarakkan, menyambut perhelatan Piala Dunia Sepakbola U 20 itu di Tanah Air kita tercinta ini. Saya berharap kita sudah lebih mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah, baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi prestasi," ucap Menpora Amali, Rabu (17/8/2022).

Menteri asal Partai Golkar itu pun meyakini jika SDM Indonesia mampu menghelat sekaligus menyukseskan gelaran akbar ini, terlebih sebelumnya banyak ajang internasional baik single event maupun multi event sukses diselenggarakan di dalam negeri, seperti contohnya Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu, bahkan ASEAN Para Games yang baru saja selesai dihelat di Solo.

Akan tetapi, dirinya tetap mendorong kepada segenap pihak untuk turut serta bahu membahu bergotong royong mempersiapkan ajang ini dengan sebaik-baiknya. "Tidak ada keraguan lagi buat kita untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Dukungan semua pihak sangat diperlukan untuk mensukseskan event ini, bahkan pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatunya," ucap Menpora Amali.

"Tentu FIFA juga pasti akan semakin sering memantau persiapan kita. Semua yang sudah disepakati antara Pemerintah dengan FIFA, kita akan laksanakan sesuai aturan yang berlaku. Mohon doa dan dukungan masyarakat, khususnya para penggemar sepakbola di tanah air," pungkasnya.

Sementara itu terkait logo tersebut berbentuk trofi Piala Dunia dengan globe di atasnya, bahkan dalam globe tersebut didominasi warna merah ditambah dengan beberapa warna termasuk putih, biru laut dan hijau.

Warna merah putih tersebut melambangkan warna bendera Indonesia. Kemudian, putih adalah lautan yang akrab dengan Indonesia. Adapun warna hijau tak lepas dari pesona alam di Tanah Air. Di tengah globe, ada segilima dengan makna gelaran Piala Dunia dibuat untuk lima benua di planet bumi.

Kemudian, tipografi ekor di huruf "A" pada kata Indonesia terinspirasi dari bentuk aksara Jawa. Secara menyeluruh, makna logo Piala Dunia U20 2023 ingin menyampaikan semangat, warna, keragaman, dan semangat perayaan dari sebuah kompetisi di Bumi Nusantara. ***