BENGKALIS - Jika tidak ada perubahan jadwal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) kembali menggelar Festival Pantai Rupat, 13 Oktobter 2018.

Seperti 2017 lalu, untuk tahun ini iven tahunan yang ditaja untuk kelima kalinya ini, kembali akan dipusatkan di Pantai Pesona Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara.

Kepala Disparbudpora H Anharizal, sebagaimana surat No. 556/DISPARBUDPORA/X/2018/329, bakal diselenggarakan Sabtu, 13 Oktober mendatang.

“Pemkab Bengkalis melalui Disparbudpora akan melaksanakan acara melaksanakan Festival Pantai Rupat Utara yang akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2018, bertempat di Pantai Pesona Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara,” ujarnya dalam surat tertanggal 2 Oktober 2018 itu.

Masih mengutip surat yang diterima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis hari ini, Rabu, 3 Oktober 2018 sekitar pukul 15.15 WIB tadi, Anharizal mengatakan, festival yang kali pertama ditaja pada 1 Januari 2014 tersebut diantaranya bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Dalam rangka untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan menarik minat investor di pulau Rupat,” jelas Anharizal.

Namun dalam surat tersebut dia belum menjelaskan kegiatan dan perlombaan apa yang bakal dilaksanakan sempena Festival Pantai Rupat tersebut.

Sekedar informasi, kalau untuk Festival Pantai Rupat keempat di tahun 2017, kegiatan yang ditaja diantaranya lomba jalan santai.

Sedangkan lomba diantaranya boat pancung hias atau parade speed pancung, windsurfing permainan layar, lomba mencari kepah dan lomba panjat pinang.

Dan, ditambah dengan berbagai hiburan atau pesta rakyat, serta kesenian, kebudayaan dan penampilan ragam persembahan budaya dari tingkat kecamatan sampai tingkat Provinsi Riau. ***