SIAK SRI INDRAPURA - Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi hanya sekali dalam 300 tahun dapat dilihat dengan jelas dari kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau pada 26 Desember mendatang. Fenomena alam yang sangat langka ini dipastikan akan menyedot banyak wisatawan datang ke Kabupaten Siak.

Pemkab Siak melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Siak juga melakukan persiapan untuk menggelar festival Gerhana Matahari Cincin ini. Akan ada berbagai kegiatan, diantaranya nonton bareng pemutaran Film Iqro My Universe, hiburan Hadroh dan Sholawat serta Orkestra OMOK, dan berbagai penampilan kesenian dan bazar kuliner.

Kadis Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni dalam rapat persiapan pelaksanaan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Zamrud Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura, Selasa (3/12/2019) mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai persiapan terkait acara tersebut.

"Berdasarkan pengamatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN), Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit ditetapkan sebagai lokasi terbaik di Indonesia untuk mengamati fenomena gerhana matahari cincin. Karena itu kegiatan ini dapat dikelola sehingga meningkatkan angka kunjungan pariwisata ke Kabupaten Siak," kata Fauzi.

Gerhana Matahari Cincin ini juga sudah disosialisasi dibeberapa sekolah setingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Siak. Sosialisasi tersebut untuk mengedukasi para pelajar terkait fenomena langka yang terjadi setiap 300 tahun sekali ini.

“Kita ingin generasi muda kita memahami gerhana matahari cincin bukan sebagai sesuatu yang harus ditakuti, melainkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang harus kita sikapi sesuai cara dan tuntunan yang diajarkan agama,” sebut Fauzi.

Selain itu juga akan dilaksanakan Tabligh Akbar, Sholat Gerhana Berjamaah, Pencatatan Museum Rekor Indonesia atas Kacamata Gerhana terbesar serta juga akan dimeriahkan oleh grup gambus modern Nissa Sabyan. ***