PEKANBARU - Pada bulan Februari 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat dari empat pintu masuk Riau hanya ada tiga orang wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Riau yaitu melalui Bandar Udara (Bandara) Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin menjelaskan bahwa belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Riau.

"Pada bulan sebelumnya, hanya ada satu kunjungan wisman yang datang ke Riau, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 200 persen pada bulan Februari 2021. Sebab di Februari masuk tiga wisman dari Singapura dua orang dan negara lainnya satu orang,," kata Misfaruddin di Pekanbaru, Minggu (4/4/2021).

Jika dilihat pada periode yang sama pada tahun 2020, dimana kondisi masih normal atau tidak ada pandemi Covid-19, jumlah wisman yang datang mencapai 3.762 kunjungan, terjadi penurunan yang sangat drastis pada Februari 2021.

Pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau melalui Bandara SSK II yang berada di Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi.

Sebaliknya, pada tahun 2020 mulai bulan April hingga Desember hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II karena pandemi Covid-19. Memasuki tahun 2021, ternyata kondisi pandemi masih belum berakhir, hingga bulan Februari 2021 jumlah wisman yang datang tidak ada perubahan yang berarti dari bulan sebelumnya yaitu hanya tiga orang wisman.

"Dan hingga sejauh ini belum ada wisman yang masuk dari Pelabuhan Bengkalis, Pelabuhan Dumai dan Pelabuhan Kepulauan Meranti," jelasnya. ***