TELUKKUANTAN – Warga Seberang Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tidak tahan melihat ulah S. Wanita ini memiliki dua suami, tentunya tidak sesuai dengan norma-norma yang ada di tengah masyarakat Kuansing.

Menurut sumber GoRiau.com, S membagi waktu dengan dua suami. Jika malam, ia berada di rumah suami tua dan siang berada di rumah suami muda.

"Anehnya, kadang suami muda jemput dia ke rumah dan suami tua tak masalah. Santai saja dia," ujar sumber yang tak ingin disebutkan namanya.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak lama. Karena sudah tidak tahan, warga Seberang Taluk datang ke Kantor Desa untuk menyelesaikannya.

"Dulu juga sudah pernah kami minta selesaikan ke Kades. Sekarang, kami sudah tidak tahan melihat tingkahnya," ujar warga ini.

Sementara itu, Kuswanto, Kepala Desa Seberang Taluk mengaku juga mendapat laporan dari warga bahwa S memiliki dua suami.

"Cuma saya tak bisa membuktikan kalau dia poliandri. Saya tak punya saksi. Tapi, laporan warga memang begitu," ujar Kuswanto kepada GoRiau.com, Rabu (8/6/2022) pagi di Telukkuantan.

Mengenai suami pertama yang tidak mempersoalkan S dijemput suami kedua, Kuswanto juga mendapatkan laporan seperti itu. "Itu juga yang membuat warga semakin geram," katanya.

Kuswanto menyatakan pihak desa sudah beberapa kali mencoba menyelesaikan persoalan ini. Hingga beberapa hari lalu, warga kembali datang ke Kantor Desa Seberang Taluk.

"Tiga hari lalu, kami bersama pamannya datang ke rumah S. Tapi dia tak di rumah. Nah, tadi malam dia ada di rumah. Kami datang bersama  pamannya lagi. Saat itu juga, warga berdatangan," tutur Kuswanto.

Dalam pertemuan tersebut, ninik mamak bersepakat untuk menjatuhkan sanksi adat kepada S. Berupa memotong kerbau putih atau pergi meninggalkan kampung halaman.

"Ada babinsa dan bhabinkamtibmas juga yang menyaksikan tadi malam. S dijatuhi sanksi adat berupa diusir dari kampung halaman," ujar Kuswanto.

Dikatakan Kuswanto, S memiliki empat orang anak di Seberang Taluk. Ia tak mengetahui secara persis ayah biologis keempat anak tersebut.

"Yang jelas, dia punya suami dan tinggal di Seberang Taluk bersama empat orang anaknya. Selain itu saya tidak tahu," ujar Kuswanto.***