JAKARTA - Viral di media sosial, video Cut Wahyuni Rosita atau akrab disapa Cut Bul/Cut Buloh, yang berdurasi 1,35 detik mengendorse produk sabun yang mirip dengan alat vital pria maupun wanita.

Salah satu akun media sosial yang memviralkan adalah akun instagram @Andreli_48, pada Jumat (18/11/2022). Dalam video terlihat Cut Bul mempromosikan produk sabun yang mirip alat vital pria maupun wanita, ia terlihat merekam sendiri dirinya sambil memegang produk tersebut.

"Yang perle sabon nyo, untuk para janda yang perle sabon lolo, perle sabon lolo, kita juga redy ya teman-teman, tengoh malam sijuk-sijuk, tengoh mano bek hana but nyan kita menyediakan sabon lolo (yang perlu sabun ini, untuk para janda, perlu sabun kelamin pria, sabun kelamin pria kita juga ready ya teman-teman,tengah malam dingin-dingin saat sedang mandi biar ga ada kerjaan kita menyediakan sabun kelamin laki-laki," ujar Cut Bul sambil mengosok-gosok alat berwarna hijau bentuk kelamin pria ke telinga dan ketiaknya.

Tak hanya itu, Cut Bul juga memperlihatkan alat yang berbentuk payudara wanita yang diduga sabun mandi itu ditujukan kepada kaum duda. "Untuk yang duda-duda na sabon boh diek dan yang perle bentuk kutang na tersedia, Cut Bul na meukat sabon yang hana dimeukat le gob, jadi hana payah hireun-hireun yang minat silahkan langsung diorder," katanya dalam Bahasa Aceh.

Diduga video tersebut dibuat pada sebuah supermarket, namun belum diketahui lokasinya dimana. Kuat dugaan tidak di Indonesia, tetapi di luar negeri. Begitu juga dengan merek sabun yang diendorse selebgram asal Kota Lhokseumawe ini. Di akhir videonya telihat nomor telpon seluler di layar video tersebut.

Terkait hal ini, Ketua Ikatan Muslimin Aceh Meudaulat (IMAM), Teungku (Tgk) Muslim At-Thahiry turut menanggapi beredarnya rekaman video Cut Wahyuni Rosita atau akrab disapa Cut Bul/Cut Buloh dalam dua hari terakhir ini.

Tgk Muslim berharap, semua pengguna media terutama media sosial khususnya di Aceh, agar menggunakan bahasa-bahasa yang mendidik dan beradab. "Tidak menggunakan bahasa yang jorok atau bahasa keji yang tidak mencerminkan ke-Acehan, apalagi kalimat porno," kata Tgk Muslim menjawab pesan WhatsApp media ini, Selasa, (15/11/2022).

"Siapapun penggiat medsos di Aceh jangan merusak nama baik Aceh dan jangan merusak generasi Aceh," harapnya.

Karena menurutnya, Aceh adalah negeri yang berperadaban tinggi dan mempunyai adat istiadat yang syarii dan juga mempunyai bahasa yang lembut. "Aceh bukan keturunan bangsa lamit (budak), tapi bangsa mulia dari keturunan terhormat," tegas Tgk Muslim.

Apalagi ada yang mengaku diri Teuku atau Cut, maka hal ini sangat tidak mencerminkan ciri-ciri bangsawan Aceh dari cara berbahasa. Itu sebabnya Tgk Muslim merasa sedih jika ada penggiat media sosial yang mencari viral dengan kalimat yang tidak mendidik, atau dengan kalimat maki-makian.

"Kami berharap kapada pengguna media sosial baik selebgram maupun dai-dai muda yang menyampaikan atau gure-gure muda agar tidak mengapload kata yang tidak mendidik ke media sosial," ucapnya.***