SELATPANJANG - Puskesmas Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau ditutup sementara. Penutupan dikarenakan ada 4 (empat) tenaga kesehatan di puskesmas tersebut terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKm mengungkapkan bahwa 4 tenaga kesehatan tersebut telah terkonfirmasi positif sejak Minggu (5/4/2021) lalu.

"Karena ada petugas kesehatan di sana yang terkonfirmasi positif maka dilakukan penutupan sementara puskesmas," ujar Fahri.

Penutupan mulai Selasa (6/4/2021) dan akan dilakukan sampai Jumat (9/4/2021) mendatang. Selama penutupan Tim Satgas Covid-19 dikatakan Fahri akan melakukan sterilisasi terhadap puskesmas dan tracing kepada seluruh kontak erat dari yang terpapar.

"Sesuai SOP, jadi selama penutupan kita melakukan sterilisasi puskesmas dan tracing, untuk mencegah timbulnya kasus baru," ujarnya.

Fahri mengatakan dugaan sementara petugas kesehatan yang terkonfirmasi positif tersebut terjangkit dari pasien yang ada di puskesmas.

"Dugaan sementara kota itu dari pasien yang berobat ke sana. Memang tidak ada pasien yang dirawat di sana, namun bisa jadi belum ketahuan saat (pasien) berkunjung kesana," ujar Fahri.

Dijelaskan Fahri selama puskesmas ditutup pelayanan kesehatan Puskesmas Alai untuk sementara dialihkan ke puskesmas terdekat.

"Jadi seluruh pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas terdekat yaitu Alahair," jelasnya.

Ditambahkan Fahri saat ini kasus Covid-19 di Kepulauan Meranti memang cenderung meningkat, tercatat setidaknya Senin (5/4/2021) ada 22 pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19.

"Itu juga belum termasuk dari 4 petugas kesehatan itu, memang bertambah tapi sepertinya akan ada juga yang pulang hari ini karena selesai menjalani isolasi," pungkasnya.***