PEKANBARU - Meski sudah melakukan penambahan tinggi buka pintu pelimpah waduk PLTA Koto Panjang pada Sabtu (8/12/2018) dan Minggu (9/12/2018), pagi ini elevasi waduk PLTA terpantau mengalami penurunan dibandingkan pagi hari Senin, 10 Desember 2018 kemarin.

Elevasi waduk masih di atas normal. Elevasi Normal: 82.50 mDPL, Elevasi Pagi ini:83.80 mDPL, Inflow rata-rata 1404 m3/detik dan Outflow rata-rata: 1399 m3/detik.

Dengan demikian, pihak Manajemen Unit Layanan PLTA Koto Panjang memutuskan hari ini untuk tetap mempertahankan tinggi buka pintu pelimpah (spillway gate) di 5 pintu x 150 cm.

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan bagi masyarakat yang beraktifitas dan bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar untuk tetap berhati-hati dan terus waspada dengan masih tingginya elevasi sungai dan masih derasnya aliran Sungai Kampar.

"Mencegah atau mengawasi anak anak yang bermain di aliran yang deras," ujar Manager Unit Layanan PLTA Koto Panjang Muhammad Rusdi.

Muhammad Rusdi mengatakan saat ini 5 pintu pelimpah dibuka dengan ketinggian 120 cm, tinggi buka pintu akan ditambah 30 cm setiap pintunya.

"Jadi pukul 11.00 WIB nanti ketinggian bukaan pintu pelimpah menjadi 5 pintu masing-masibg 150 cm," tambahnya.

"Diharapkan bagi masyarakat yang beraktifitas dan bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai kampar untuk lebih berhati hati dan meningkatkan ke waspadaan dengan naiknya dan derasnya aliran sungai.," pungkasnya.***