PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Dumai, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti, Yanti Komalasari, mengungkapkan saat ini masyarakat di Kota Dumai menginginkan penambahan gedung sekolah.

Hal tersebut disampaikan Yanti usai menggelar reses di beberapa titik di Dapilnya. Menurutnya, keberadaan SMA Negeri di Kota Dumai belum mampu memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak di Dumai.

GoRiau Anggota DPRD Riau, Yanti Komal
Anggota DPRD Riau, Yanti Komala Sari.
"Jangankan di pelosok, di tengah kota saja masih kekurangan, banyak anak-anak yang tamat SMP tidak bisa melanjutkan ke SMA karena daya tampung yang sedikit," ujar Politisi Golkar ini kepada GoRiau.com, Rabu (22/12/2021).

Padahal, lanjut Yanti, sektor pendidikan merupakan sektor yang sangat menentukan arah pembangunan di suatu daerah. Sehingga, persoalan ini harus menjadi perhatian semua pihak.

Meski masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah lewat, namun harapan penambahan sekolah masih terus disampaikan masyarakat kepada wakil rakyatnya.

"Waktu zonasi itu banyak sekali keluhan, banyak anak-anak kita yang teluntang-lantung, ujung-ujungnya masuk swasta. Nah, swasta ini kan biaya pendidikannya lebih besar, tidak semua pula orang tua yang punya kemampuan finansial cukup," jelasnya.

Masyarakat sendiri, tambahnya, sangat siap bekerjasama dengan pemerintah dalam hal pembangunan sekolah baru. Buktinya, ada masyarakat yang siap menghibahkan tanahnya untuk dibangunkan sekolah.

"Jadi, ini tergantung Dinas Pendidikan saja dalam merespon masalah ini, kan tak baik juga kalau anak-anak kita terpaksa nganggur setahun atau dua tahun karena tak sanggup masuk swasta," tutupnya. ***