Sabang–Agenda bahari terbesar akhir tahun Sail Sabang yang dikomando langsung oleh Kementrian Kordinator Bidang Kemaritiman ini akan dipadati oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Ramainya pengunjung terdiri dari warga lokal, para pendatang dari domestik, para komunitas-komunitas dari dalam dan luar negeri, dan tentunya para pejabat undangan yang hadir.

Coverage LTE (Long Term Evolution) dipersiapkan hingga ujung pulau sabang yakni KM 0 untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengunjung yang datang di Sabang. Termasuk juga disetiap lokasi keramaian sudah dipastikan akan mendapatkan jaringan penuh LTE dari Telkomsel.Optimalisasi jaringan yang dilakukan di kawasan tersebut antara lain menambah titik layanan di kota Sabang dan Banda Aceh, serta menempatkan 3 (tiga) unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) di lokasi puncak acara Pelabuhan Container Terminal 3(CT-3), Sabang Fair dan Mata Ie resort, optimalisasi ini mampu menampung lonjakan trafik hingga 200 Persen dari kondisi normal atau setara dengan 2220 pelanggan menggunakan layanan seluler pada saat bersamaan.

Sehingga dari peningkatan ini pelanggan akan tetap dapat menikmati akses layanan data cepat dan nyaman meski disekitar lokasi kegiatan terbilang dipadati oleh pengguna seluler.Selain itu Telkomsel juga menyiagakan Mobile Backup Power (MBP) yang disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi putusnya catuan daya listrik kelokasi BTS sekitar kegiatan. MBP tersebut ditempatkan pada setiap site yang mengcover acara ini terutama dilokasi COMBAT, sehingga bila terjadi problem catuan daya listrik maka MBP siap menggantikannya.

“Telkomsel menyambut antusias kegiatan bahari di Sabang, yang merupakan agenda besar pariwisata Indonesia di kancah internasional. Untuk itu Telkomsel memberikan dukungan melalui penguatan jaringan komunikasi oleh yang akan memberikan kenyamanan berkomunikasi, termasuk kecepatan akses layanan data mengingat biasanya seluruh peserta yang mengikuti sebuah acara besar termasuk Sail Sabang akan sibuk mengabadikan gambar dan video pada momen langka sekaligus bertaraf internasional ini,” kata Vice President ICT Network Management Telkomsel Sumatera Ronny Arnaz dalam siaran persnya hari ini. Mengingat acara ini juga akan dihadiri oleh sejumlah tamu dari berbagai negara, Telkomsel juga melakukan sampling test roamer menggunakan kartu Operator luar negeri dan juga membuka booth layanan di lokasi acara utamanya untuk melayani para tamu negara asing serta menempatkan mobile layanan graPARI di Sabang Fair.Acara yang dijadwalkan berlangsung mulai 28 November – 5 Desember ini akan berlokasi langsung di jantung kota Sabang yakni di Sabang Fair yang sekaligus menjadi lokasi puncak acara di tanggal 2 Desember 2017. Bagi traveler tentu akan merasakan paket lengkap berbagai atraksi baik darat, air maupun udara.Atraksi di darat akan dipuaskan dengan fun bike, Aceh urban festival, tari kolosal laksamana keumalahayati, Sabang Wonderful. Persembahan penampilan dari bahari diisi dengan fun dive, pameran bahari, yacht rally, dan pertunjukan kapal-kapal nusantara dan kapal pesiar berkelas dunia. Sedangkan untuk atraksi di udara, aerobatic show dan pertunjukan dirgantara yang akan menghiasi langit kota Sabang.Sebagai tambahan, akan diadakan berbagai kompetisi dan bergensi diantaranya Diving Competition, Foto dan Video Drone, dan beberapa kompetisi lainnya. Selain itu, rentetan ekhsibisi seperti tall ship menjadi persembahan terbaik yang ditunggu-tunggu pada perhelatan bahari Sail Sabang, Banda Aceh .